Pakaian dan Perlengkapan Tidur Bayi

http://kesehatankeluarga.netPakaian dan perlengkapan tidur

Bayi tidak bisa mengatur suhu tubuh dengan baik selama beberapa minggu pertama, jadi sangat penting untuk menjaga mereka agar tidak kepanasan atau kedinginan.

Pada tahap ini, bayi harus memakai satu lapis pakaian lebih, kecuali bila cuaca sangat hangat. Kaus berkancing depan, terusan dari bahan yang lentur, atau cardigan cocok untuk didalam ruangan.

Loading...

Anda mungkin harus membungkusnya dengan sehelai selimut katun atau syal, tergantung suhu ruangan. Jangan memakaikan topi di dalam ruangan.

Secara bertahap, bayi anda akan lebih mampu mengendalikan suhu tubuh, jadi anda tidak perlu lagi memakaikannya satu lapis pakaian lebih banyak.

Diluar ruangan, dalam cuaca dingin, pastikan kepala,tangan dan kaki bayi ditutupi dengan baik karena sejumlah besar panas tubuh hilang melalui kepala.

Pakaian dari katun adalah yang terbaik karena hangat, menyerap keringat, dan bisa dilewati udara. Pakaian dari wol, seperti cardigan dan topi, dapat membuat bayi gatal karena kulitnya sangat sensitive.

Pakaian dari kain sintetis kurang bisa dilewati udara sehingga dapat membuat bayi berkeringat dalam cuaca panas dan kurang mampu menyimpan panas dalam cuaca dingin.

Suhu ruangan, terutama kamar bayi, harus 18-200C. jangan tidurkan bayi didekat api atau sumber panas.  Dari pada duvet, lebih baik gunakan selimut karena dapat mencegah bayi kepanasan.

Seperti pakaian, kain terbaik untuk tidur adalah katun karena dapat dilewati udara dan hangat. Anda mungkin akan merasa bahwa sehelai seperai dan selimut cukup untuk menjaga bayi hangat pada malam hari.

Jika tidak yakin apakah ia kepanasan atau kedinginan, rasakanlah tengkuknya, yang umumnya menjadi indicator baik mengenai suhunya.

Jika anda menduga bayi sedikit kedinginan, lebih baik tambahkan selimut katun untuk menutupinya alih-alih memakaikan baju tambahan.

Loading...