Obat Khusus Untuk Nyeri dan Lambung

kesehatankeluarga.netMefenamat (ponstan) termasuk kelompok obat “rema” karena banyak digunakan pada rema sendi berkat daya anti radangnya. Obat rema ini amat ampuh melawan nyeri yang disertai peradangan dan pembengkakan, seperti luka memar akibat benturan.

Dibanyak Negara mis. Di A.S, Belanda dan inggris juga dapat dibeli bebas ibuprofen (Brufen) dan naproksen (Naxen).

Kalsiumkarbonat dan natriumbikarbonat adalah zat-zat pengikat asam (antasida) yang sering digunakan dalam sediaan-sediaan lambung untuk melawan sakit ulu hati, radang dan tukak lambung.

Loading...

Keuntungan dari penggunaan karbonat disbanding garam-garam lain  (sitrat, gluconat) adalah kerjanya yang lebih kuat dan cepat. Penelitian tidak membenarkan bahwa gas karbondioksida yang terbentuk dengan asam akan memacu pembentukan asam lagi.

Untuk meniadakan efek sembelit dari antasida yang mengandung kalsium (atau alauminium) pada umumnya dikombinasikan dengan garam magnesium.

Sebaiknya antasida digunakan sebagai suspense sebab lebih cepat kerjanya mengikat asam daripada tablet karena lebih mudah berbaur dengan isi lambung.

Bila tetap dipilih tablet (karena lebih praktis untuk dibawa) untuk mencapai efek optimal, perlu sekali untuk mengunyahnya dengan baik sebelum diminum.

Antasida tidak boleh diminum bersaan dengan antibiotic tetrasiklin, yang diberikan oleh dokter untuk membasmi kuman yang penyebab tukak lambung Helicobacter karena terbentuknya persenyawaan kopleks yang tidak larut.

Antasida harus diminum ± 1 jam setelah makan karena pada waktu itu derajat asam dilambung meningkat akibat sereksi asam klorida. Berhubung jangka waktu kerjanya agak singkat, maka untuk mencapai efek optimal biasanya perlu diminum lagi satu dosis diantara jam-jam makan.

Bismutsubsitrat (De-nol) juga termasuk antasida, bersifat melindungi karena membentuk suatu lapisan yang menutupi tukak. Karena berkhasiat terhadap kuman, maka banyak digunakan pada pengobatan tukak serta selalu dikombinasikan dengan dua atau tiga antibiotika lain.

Dimetikon (Aeroson) tidak larut dalam air dan bersifat menurunkan ketegangan permukaan air. Digunakan khusus pada pert kembung akibat terlampau banyak gas dalam lambung, berdasarkan daya kerjanya memperkecil gelembung-gelembung gas sehingga dapat mudah diserap usus. Aman bagi wanita hamil dan yang menyusui.

Dosis :  1-2 kali sehari 40-80 mg setelah makan.

Loading...