Obat Jampes (Tinea Cruris) Alami dari Tumbuhan

obat-jampes-tinea-cruris-alami-dari-tumbuhanJampes atau dalam bahasa kedokterannya disebut dengan tinea cruris merupakan salah satu masalah kulit. Pada biasanya mereka yang mengalami masalh penyakit jampes, mereka yang sering megeluarkan keringat yang banyak. Masalah kulit biasanya akan menimbulkan rasa gatal hal inilah yang dirasakan oleh penderita masalah tinea cruris. Gatal-gatal di selangkangan umumnya disebabkan oleh kurap (jamur dermatofit). Namun, gejalanya terkadang juga tampak diakibatkan oleh infeksi bakteri (seperti staphylococcus).

Apa infeksi selangkangan jamur (tinea cruris) dan bagaimana Anda mendapatkannya?

Walaupun penyakit ini bukanlah penyakit yang serius, namun sering menimbulkan rasa gatal yang mengganggu dan membuat tidak nyaman. Infeksi selangkangan jamur (tinea cruris) adalah infeksi jamur kulit selangkangan. Beberapa jenis kuman jamur (fungi) biasanya ditemukan pada kulit manusia. Mereka biasanya tidak membahayakan. Namun, jika kondisi benar mereka dapat ‘menyerang’ kulit, multiply dan menyebabkan infeksi. Jamur pada biasanya menyukai kondisi kulit yang hangat, lembab dan pengap daerah kulit, seperti pangkal paha.

Apa saja gejala infeksi selangkangan jamur (tinea cruris)?

Biasanya, pangkal paha menjadi gatal dan iritasi, terutama di lipatan antara bagian atas kaki dan alat kelamin. Hal ini lebih sering terjadi pada pria, dan skrotum mungkin juga gatal. Sebuah ruam merah kemudian berkembang di selangkangan, biasanya dengan tepi yang pasti atau perbatasan. Kedua groin yang sering terkena. Ruam sering menyebar dengan cara pendek ke bagian dalam kedua pahanya.

Kadang-kadang infeksi menyebar ke kulit di bagian lain dari tubuh (atau mungkin telah pertama dimulai di daerah lain, seperti kaki atlet ). Infeksi jamur biasanya tidak pergi lebih dalam dari kulit ke dalam tubuh dan biasanya tidak serius.

Apa pengobatan untuk infeksi selangkangan jamur (tinea cruris)?

Anda dapat membeli antijamur krim dari apotek, atau mendapatkan satu resep. Ada berbagai jenis dan merek – misalnya, terbinafine, clotrimazole, ekonazol , ketoconazole dan miconazole. Ini krim modern yang baik di membersihkan infeksi jamur kulit.

  • Oleskan krim ke sekitarnya 4-6 cm dari kulit normal selain ruam.
  • Terapkan selama disarankan. Ini bervariasi antara krim yang berbeda, sehingga membaca petunjuk dengan hati-hati.
  • Untuk kulit yang sangat meradang, dokter mungkin meresepkan krim antijamur dikombinasikan dengan krim steroid ringan. Ini biasanya digunakan untuk tidak lebih dari tujuh hari. Anda mungkin perlu untuk melanjutkan dengan krim antijamur sendiri untuk sementara waktu setelah itu. steroid mengurangi peradangan dan dapat meringankan gatal dan kemerahan dengan cepat. Namun, steroid tidak membunuh jamur dan krim steroid saja tidak harus digunakan.
  • Obat antijamur yang diambil melalui mulut kadang-kadang diresepkan jika infeksi meluas atau berat – misalnya, terbinafine , griseofulvin , atau itrakonazol tablet.

Tips berikut dapat mencegah infeksi selangkangan jamur (tinea cruris)

  • Cuci pangkal paha Anda sehari-hari; kemudian benar-benar kering. Pengeringan mungkin yang paling penting. Sangat mudah untuk menempatkan pada pakaian saat pangkal paha Anda tidak cukup kering. Selangkangan basah kemudian situs yang ideal bagi kuman jamur (fungi) untuk berkembang biak. (Pengering rambut adalah berguna jika Anda memiliki lipat paha berbulu.)
  • Mengubah pakaian sehari-hari. Jamur dapat berkembang biak di serpihan kulit di pakaian kotor.
  • Periksa kaki atlet dan mengobatinya jika Anda memilikinya. kaki atlet adalah infeksi jamur umum dari jari-jari kaki. Dalam kasus yang khas dari kaki atlet, kulit di antara jari kaki gatal dan bersisik – terutama antara luar dua jari kaki. Jamur dari kaki atlet dapat menyebar ke pangkal paha. Krim yang sama yang digunakan untuk mengobati kaki atlet dan infeksi selangkangan jamur.
  • Jangan berbagi handuk dengan orang-orang di ruang ganti komunal. Cuci handuk sering.
  • Jauhkan handuk Anda sendiri ketika Anda memiliki infeksi jamur kulit untuk mengurangi kesempatan untuk menularkan jamur ke orang lain.

Berbagai macam penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Beberpa obat tradisional yang sering di gunakan untuk pengobatan penyakit kulit tersebut adalah:

Kudis, gatal-gatal

Untuk pengobatan luar, cukup ambil daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut.

Borok, luka, dan kutil

– Olesi dengan getah buah jambu monyet atau jambu mete (Anarcadium occidentale L) selama beberapa hari sampai luka mengering
– Untuk kutil, petiklah 5 lembar DAUN DEWA, tumbuk daun hingga halus. Lumurkan daun yang telah halus pada tempat yang berkutil, buatlah sampai merekat, biarkan satu hari dan lepas ke esokan harinya

Ragam penyakit kulit

Bagi penderita penyakit kulit, gatal-gatal, dan luka, ramuan yang harus diracik adalah daun biduri dan minyak kelapa secukupnya. Daun itu diolesi minyak kelapa, lalu dilayukan di atas pengapian.

Setelah itu, daun ditempel ke bagian kulit yang luka atau gatal. Sebelum diobati, kulit yang luka dicuci dulu dengan air hangat atau alkohol 70 %.

Bisul, eksim, dan penyakit-penyakit kulit

Helaian mahkota bunga teratai ini dibakar, akan menghasilkan abu yang juga berkhasiat sebagai obat. Abu ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luar untuk menyembuhkan bisul, eksim, dan penyakit-penyakit kulit. Sedangkan serbuk dan benang sari bunga teratai jika dicampur madu dan keju akan menjadi obat penyakit wasir.

Kudis pada Anak-anak

Anak-anak yang terkena kudis dianjurkan mandi dengan rebusan air brotowali. Cara membuat air rebusannya: ambil batang brotowali 1m, di rajang atau potong kecil2, rebus dengan 4 liter air hingga mendidih, masukkan air rebusan ke dalam emberdan tambahkan air dinngin, mandikan anak sambil merendam tubuhnya.

Eksim

– Parut rimpang jahe, lalu di peras
– Campur dengan parutan lobak
– Oleskan ramuan ke bagian kulit yang terkena eksim

Lengkuas untuk: Panu, kadas, kudis, koreng, borok

Pengobatan: Pengobatan luar, di oles di tempat yang sakit
Cara membuat: – Tumbuk halus rimpang lengkuas dengan bawang putih (perbandingan 1:4, 1 rimpang 4 bawang putih) sampai jadi bubur
– Oleskan/tempelkan di tempat yang sakit
– Untuk kurap yang telah menahun, tambahkan ramuan tadi dengan cuka
– Untuk Panu: sediakan rimpang segar, cacah hingga timbul seratnya, gosokkan pada bagian yang sakit