Nifurtoinol dan Methenamin Untuk Infeksi Saluran Kemih

http://kesehatankeluarga.netNifurtoinol (hidroksimetilnitrofurantoin, Urfadyn, Uridurin) adalah derivate hidroksimetil dengan sifat-sifat sama. Obat ini dapat dianggap sebagai prodrug yang dalam saluran cerna terurai menjadi nitrofurantoin dan formaldehida.

Dosis: 4 dd 2 kapsul dari 40 mg pada waktu makan.

Methenamin: hexamine, heksametilentetramin, Nephrolit.

Loading...

Dalam air seni asam (pH < 5,5) produk kondensasi dari amoniak dan formaldehida ini (1894) terurai dan menghasilkan komponen-komponennya kembali.

Khasiatnya berdasarkan fot maldehida yang kadarnya dalam kemih cukup tinggi untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini khusus digunakan sebagai penanganan lanjutan dan terapi pemeliharaan dari ISK kronis sesuai terapi dengan desinfektans.

Resistensi jarang terjadi. Methenamin tidak dikombinasi dengan sulfonamida karena terjadi kompleks dengan HCOH yang sukar larut.

Juga tidak aktif terhadap bakteri yang membebaskan amoniak dari ureum (misalnya proteus). Dewasa ini sudah terdesak oleh obat-obat bakterisid modern.

Efek-efek samping terpenting berupa gangguan lambung usus (akibat HCOH) dan reaksi-reaksi kulit. wanita hamil dapat menggunakan obat ini.

Dosis: 3 dd 0,5-1 g dengan banyak minum air.

Heksamin mandelat: methenamin amygdalat, Reflux

Senyawa molekuler antara heksamin dan asam mandelat ini berkhasiat bakterisid  terhadap bakteri Gram-negatif dan Gram Psotif termasuk E.Coli, Str.Fecalis dan St. aureus.

Setelah resorpsi zat ini dikeluarkan oleh ginjal dalam bentuk utuh dan di urin asam (pH<5,5 ) terurai menjadi formaldehida dan asam mandelat.

Zat ini tidak memberikan efek sistemis. Asam mandelat sendiri pada dosis tinggi berdaya bakterisid terhadap terutama kuman-kuman Gram-Negatif.

Dosis: 4 dd 2 tablet dari 0,5 g (atau pagi 1,5 g dan malam 2,5 g) sebaiknya dengan zat pengasam kemih; dosis pemeliharaan 2 dd 1 g.

Loading...