Menopause dan Faktor Penyebab Osteoporosis

Factor  risiko

Factor primer yang tidak dapat diubah adalah usia, kelamin, keturunan dan kekurangan hormone estrogen, khususnya pada wanita pada saat memasuki menopause.

Factor sekunder umumnya berkaitan dengan pola hidup dan makanan: konsumsi kafein dan garam yang berlebihan, kelebihan berat badan dan kurangnya atifitas fisik. Mengkonsumsi alcohol, merokok serta obat-obatan tertentu (kortikosteroida) juga dapat menjadi factor resiko.

Loading...

Penggunaan obat-obat kortikosteroid untuk jangka waktu lama, misalnya pada asma (inhalasi) dan arthritis dapat mengakibatkan kehilangan massa tulang.

Diperkirakan penyebabnya adalah menurunya aktifitas osteoblas dan mungkin juga meningkatnya resorpsi (pelarutan) tulang, berkurangnya absorbs kalsium dari usus atau berkurangnya reabsorbsinya ginjal.

Menopause

 Pada wanita postmenopause, produksi hormone estrogen menurun pada sekitar akhir usia 30-an mengakibatkan kehilangan kalsium secara meningkat dengan akibat dalam beberapa tahun terjadi penyusutan tulang 10-20%. Juga pembentukan tulang berkurang selama 5-10 tahun. Oleh karena itu kepadatannya menurun dan terjadi osteoporosis.

Pria juga mengalami proses yang sama dengan menurunya kadar testosterone yang dimulai pada usia 65 tahun, tetapi tidak demikian pesat. Oleh karena itu pada laki-laki juga dapat timbul kehilangan kalsium dengan akibat tulang menjadi berpori dan mudah patah.

Loading...