Mengenal Penyebab Penyakit Gondong

http://kesehatankeluarga.netGondong

Gondong disebabkan oleh infeksi virus akut yang biasanya mengenai anak atau orang dewasa muda. Parotitis unilateral atau bilateral adalah manifestasi yang paling sering tampak pada gondong, meskipun virus dapat menginfeksi orang lain. Insiden gondong telah diturunkan secara bermakna sejak vaksin gondong dilisensikan pada tahun 1968.

Patofisiologi

Gondong ditularkan melalui rute udara. Tidak mudah menular dibanding cacar air dan campak. Periode inkubasi adalah 16 sampai 18 hari. Setelah inkubasi virus menular sekitar 3 sampai 5 hari.

Manifestasi klinis

Sampai hari ketiga, mereka yang baru terinfeksi tidak akan menunjukkan gejala. Sedangkan yang lain, gejalanya bervariasi. Umumnya, gejala awal meliputi demam, lemah, dan anoreksia.

Bila ada parotitis, biasanya terlihat dalam sehari dari gejala awal. Pembengkakan dan nyeri tekan kelenjar parotis biasanya berlanjut selama 2 sampai 3 hari, dan kemudian berkurang dalam seminggu.

Komplikasi

Komplikasi meliputi pancreatitis, orkhitis, ooforitis, miokarditis, dan meningoensefalitis. Keterlibatan system saraf pusat paling umum pada anak-anak tetapi jarang dikaitkan dengan gejala sisa permanen.

Ketulian dapat terjadi sekitar 1 dan 20.000 kasus. Pada orang dewasa dan remaja pria, orkhitis adalah komplikasi  yang paling sering. Penelitian telah menunjukkan bahwa orkhitis tidak berperan terhadap sterilitas  atau impotensi .

Diagnosis dan penatalaksanaan

Diagnosis terhadap gondong didasarkan pada gejala, dan keakuratan diagnosis sangat terbukti selama epidemic. Kultur viral dan tes serologic digunakan untuk memastikan diagnosis awal.

Disini tidak terdapat terapi pendek yang efektif pada munculnya penyakit. Pasien biasanya harus tinggal ditempat tidur dan diberikan makanan yang mudah dikunyah dan ditelan.