Mengenal Penyakit Meningitis

By Najwa Mahesanti Categories: Penyakit

Meningitis

Meningitis didefinisikan sebagai peradangan pada arakhnoid, piameter atau cairan serebrospinal (CSS). Penyebab meningitis meliputi bakteri atau virus (sering), jamur atau organism rickettsia (kadang-kadang), dan protozoa atau cacing (jarang).

Rentang keparahan bervariasi dari yang tidak parah, penyakit infeksi virus sembuh-sendiri, sampai penyakit jamur yang progresif dan lambat, sampai dengan meningitis bakteri yang berpotensial fatal.

Meskipun pemahaman lebih mendalam mengenai meningitis dan makin banyak kelompok antibiotic pilihan , kematian yang dikaitkan dengan meningitis bakteri tidak berubah selama 30 tahun terakhir.

Meningitis bakteri paling sering didiagnosis pada mereka yang berusia sangat muda atau sangat tua, sedangkan meningitis virus biasa terdapat pada anak dan dewasa muda.

Meningitis kriptokokus, meningitis jamur paling umum, sekarang adalah infeksi oportunistik penting yang sering dikaitkan dengan AIDS. Infeksi ini mengikuti distribusi usia yang sama seperti mangikuti distribusi usia yang sama seperti manifestasi yang berhubungan dengan HIV.