Mengenal Penampilan Bayi di Awal Kelahirannya

Hari-hari pertama

Kebanyakan bayi dilahirkan dengan kesehatan yang sempurna dan segera beradaptasi dengan dunia luar. Namun, setiap kemunduran kecil dalam kesehatan bayi anda dapat mencemaskan, terutama pada beberapa hari pertama setelah persalinan ketika anda masih menyesuaikan diri menjadi orang tua.

Yakinlah bahwa sebagian besar masalah ini akan teratasi dengan sendirinya, atau dengan bantuan medis minimal saja, dalam waktu yang sangat singkat.

Loading...

Penampilan bayi yang baru lahir

Bayi yang baru lahir sering kali berkulit keriput dan tampak agak membungkuk. Mereka tidak terlihat montok dengan warna merah muda yang menggemaskan sampai beberapa minggu kemudian.

Bayi yang baru lahir memiliki karakteristik-karakteristik yang mencemaskan orang tua, tetapi normal dan akan segera menghilang. Yang paling umum adalah:

  1. Kepala berbentuk aneh disebabkan oleh tekanan saat melewati jalan lahir
  2. Wajah bengkak, mata lengket dan bengkak, kadang-kadang terpicing
  3. Milia, bintik-bintik putih yang disebabkan oleh terhambatnya kelenjar lemak, biasanya disekitar hidung, pipi dan kening.
  4. Alat kelamin dan payudara tampak bengkak, baik pada anak perempuan maupun anak laki-laki, karena hormone ibu. Payudara mungkin mengeluarkan sejumlah kecil cairan untuk waktu yang singkat
  5. Kulit bercak merah kotor. Pada kasus ekstrem, kulit bayi mungkin terlihat kebiruan sampai sirkulasi tubuhnya normal. Kulitnya dapat berwarna kuning bila bayi melewati mekonium (kandungan usus) di rahim.
  6. Verniks, lapisan putih tebal, atau lanugo, rambut halus tipis, dapat muncul pada bayi premature. Bayi yang lahir melebihi waktunya mungkin kulitnya kering, terkelupas, dan memiliki kuku jari tangan dan kaki yang panjang.

Terkadang bayi lahir dengan kelainan fisik yang minor yang tidak perlu diobati atau bisa diatasi dengan operasi kecil, misalnya jari tambahan, kulit menjumbai, delaput antara dua jari dan lidah terlipat, yaitu lipatan kulit dibawah lidah sedikit ketat.

Setelah kelahiran dirumah sakit, bayi diperiksa oleh dokter anak. Pendengarannya diuji dan ia mendapat imunisasi tuberkolosis. Antara hari keenam dan kedelapan, beberapa tetes darah diambil dari tumit bayi untuk menguji fenilketonuria dan hipotiroid congenital, kondisi medis yang serius dan langka.

Loading...