Membersihkan dan Memandikan Bayi Serta Melakukan Topping dan Tailing

http://kesehatankeluarga.netAnak laki-laki dan perempuan

Untuk anak laki-laki, jangan pernah menarik kulup kebawah dan untuk anak perempuan, cukup basuh daerah labia dan vagina. Selalu basuh kearah anus, jangan pernah dari anus, karena ini dapat menyebarkan bakteri kepenis bayi atau vagina.

Ingatlah untuk membersihkan bagian dalam tiap lipatan kulit dan pastikan kulit benar-benar kering sebelum memakaikan popok bersih. Idealnya, biarkan kulit bayi terkena udara sebanyak mungkin karena ini dapat mencegah ruam popok.

Loading...

Satu catatan peringatan: jika ruangan terlalu dingin, bayi laki-laki khususnya, akan cenderung buang air kecil saat popok mereka dibuka.

Memandikan bayi

Bayi yang baru lahir belum banyak bergerak sehingga mereka tidak cepat kotor. Tidak perlu memandikan bayi anda setiap hari.

Namun, seka wajah dan bokong bayi. Anda juga mungkin ingin membersihkan bagian lain, seperti tangan atau di bawah lengan. Ini disebut topping and tailing.

Cara melakukan topping and tailing.

Anda membutuhkan semangkuk air putih yang telah didinginkan sesuai dengan suhu tubuh, kapas, dan handuk lembut. Cucilah tangan sebelum anda mulai. Mulailah mengusap mata bayi. Celupkan sepotong kapas ke dalam air, peras airnya, lalu dengan lembut sekalah salah satu mata bayi, dari hidung kea rah luar.

Ulangi dengan sepotong kapas yang baru untuk mata lain untuk menghindari infeksi berpindah dari satu mata ke mata yang lain.

Kemudian bersihkan sisa wajah dan leher bayi menggunakan kapas ketiga, angkat dagunya untuk membersihkan lipatan kulit dibawahnya.

Tepuk-tepuk kulit sampai kering dengan handuk. Bersihkan tangan dan bagian bawah lengan bayi dengan kapas baru dan bersihkan juga area popoknya.

Loading...