Manfaat Sendawa Pada Bayi dan Menyusui Dengan Botol

http://kesehatankeluarga.netMenyusui dengan botol

Sangat penting bagi ibu yang memutuskan untuk menyusui bayinya dengan botol untuk tidak merasa gagal sebagai seorang ibu. Khususnya pada minggu-minggu pertama saat ia mungkin masih rentan secara emosional.

Susu formula terbuat dari susu sapi, tetapi diformulasikan secara khusus untuk meniru ASI semirip mungkin. Bayi yang diberi susu formula memerlukan lebih sedikit pemberian susu per 24 jam karena susu sapi memiliki kandungan protein lebih tinggi dari ASI.

Loading...

Jika anda menyusui bayi dengan botol, anda tahu apabila bayi sudah mendapat susu dalam jumlah yang tepat. Anda akan memberinya susu 5-6 kali per hari (tergantung usia bayi) untuk 6 bulan pertama sehingga interval antara masing-masing pemberian lebih merata dan lebih lama. Botol juga membuat anda tak perlu menyusui didepan umum, kegiatan yang bagi banyak wanita terasa tidak nyaman untuk dilakukan.

Bersendawa

Jika bayi menelan udara selama menyusui, ia bisa merasa tidak nyaman. Bersendawa membantunya menghindari masalah ini.

Dibandingkan bayi yang menyusui dengan botol, bayi ASI cenderung lebih terlindungi dari kembung karena mulut bayi berfungsi seperti segel kedap udara disekitar putting.

Anda bisa membuat bayi sendawa dengan mendudukkannya di pangkuan anda. Sanggalah kepala bayi dibawah dagunya sehingga tenggorokan tetap lurus, atau anda dapat mendekapnya dengan kepala si bayi di bahu anda.

Tepuklah punggungnya dengan tegas dan berirama. Tempatkan kain dibawah dagu bayi untuk melindungi pakaian anda dari susu yang dimuntahkan (disebut gumoh). Anda akan belajar mengetahui apakah bayi bersendawa dan jika demikian, berapa lama sendawanya akan muncul.

Loading...