Komponen Kebutuhan Bermasyarakat

http://kesehatankeluarga.netKebutuhan bermasyarakat

Kebutuhan bermasyarakat ini merupakan salah satu instinct atau naluri alamiah yang disebutkan oleh MASLOW terdapat tiga komponen yang termasuk kebutuhan ini, ialah diterima, disukai atau dicintai, dan berprestasi (Acceptance, Affection and Achievement atau tiga-A)

1. Diterima oleh kelompok merupakan suatu kebutuhan social dari keluarga dan para anggotannya. Dikatakan bahwa manusia itu merupakan mahluk social, jadi memerlukan sosialisasi dengan manusia-manusia lain yang dianggap satu kelompok atau satu tingkat.

Loading...

Adanya sejumlah manusia lain yang memungkinkan kita berkelompok, memberikan rasa kerasan dan tidak merasakan sunyi sendirian.

Bukan banyaknya orang disekeliling kita yang menjadi soal, tetapi banyaknya orang yang dianggap satu kelompok sehingga bisa berinteraksi, adalah yang menentukan.

Mungkin kelompok itu tidak berdomisili berkumpul disatu lokasi, tetapi tersebar di berbagai tempat, tetapi ada sesuatu sifat kebersamaan yang membuat kelompok itu mempunyai sifat kohesip, misalnya semuanya merupakan alumni suatu sekolah tertentu, atau semuanya tergolong kedalam satu jenis profesi dan sebagainya.

2. Disukai atau dicintai sesama anggota kelompok memberikan rasa dibutuhkan dan akan memberikan kepercayaan pada ego. Dasar disukai atau dicintai mungkin bermacam-macam, ada yang disukai kerena dibutuhkan keahliannya atau nasihatnya, ada yang diperlukan kerena memberikan hubungan atau interaksi yang menyenangkan, dan sebagainya. Keadaan ini memberikan perasaan bahwa kita dalam kehidupan ini diperlukan oleh sesama anggota masyarakat dan lingkungan.

3. Prestasi ialah hasil kerja yang dianggap menonjol dan terlihat orang, sehingga diberi penghargaan. Prestasi itu sendiri sangat relative, bisa dianggap prestasi oleh orang yang satu, tetapi belum bagi orang yang lain, biasanya yang dianggap prestasi itu ialah hasil kerja yang membuat kontras terhadap hasil kerja yang ada disekitarnya.

Penghargaan ini pun memberikan manifestasi yang berlain-lainan, dari pemberian bintang mahaputra, pernyataan penghargaan sampai hanya anggukan atau sinar mata dari orang yang mendapat kedudukan khusus di hati kita.

Loading...