Jenis Virus Influenza Penyebab Pandemic

http://kesehatankeluarga.netPenyebabnya ada tiga jenis virus influenza A,B (dan) C, yang terdiri dari banyak spesies. Tipe A  menyebabkan timbulnya epidemic /pandemic, sedangkan tipe B kurang ganas.

Setiap spesies mengakibatkan flu khusus dengan gejala yang kurang lebih khas, misalnya Flu Rusia (1977), Flu Hongkong (1968), Flu Asia (1957) dan Flu Spanyol (1918). Yang terakhir ternyata ganas sekali dan telah menimbulkan ± 2 juta korban Eropa.

Akhir tahun 1977 suatu epidemic baru mulai merambat dari hongkong ke seluruh Asia Tenggara. Influensa Burung ini disebabkan oleh virus baru influenza A (tipe H5N1), juga Indonesia dihinggapi virus ini ditahun 2003, sampai 2007 virus ini masih merajalela di banyak Negara termasuk Indonesia.

Loading...

Awal 2009 diterima laporan  dari mexico timbulnya virus baru yang disebut virus influenza babi (swine flu, tipe H1N1) yang dengan lambat laun menyebar ke Negara-negara lain. Gejalanya ternyata tidak berat, mirip flu biasa dan bercirikan batuk kering yang dapat bertahan sampai beberapa bulan.

Dewasa ini dunia dengan rasa cemas sedang menunggu tercetusnya pandemic besar-besaran, yang mungkin sekali akan melanda dunia kembali seperti yang diramalkan sebelumnya yang akan terjadi pada akhir tahun 2009.

Untuk menghadapi ancaman pandemic ini industry farmasi berusaha dengan sekuat tenaga untuk dalam waktu sesingkat-singkatnya dapat membuat vaksin terhadap jenis virus influenza ini.

Untuk menjamin efeknya vaksin ini perlu disuntikkan dua kali dan terutama ditujukan bagi para lansia dan wanita hamil setelah bulan keempat.

Loading...