Jenis Obat Dokter Untuk Jerawat yang Parah

http://kesehatankeluarga.netPengobatan oleh dokter

Untuk pengobatan kasus yang lebih parah, dengan banyak komedo atau peradangan yang kebal terhadap obat-obat bebas, sebaiknya penderita konsultasi dengan dokter kulit. Dokter spesialis mempunyai banyak jenis obat untuk menyembuhkan jerawat, misalnya antibiotika, hormon wanita dan asam vitamin A.

Antibiotika.

Loading...

Bila terdapat banyak jerawat dengan peradangan serius, selain benzoilperoksida juga sering kali digunakan antibiotik tetrasiklin dan turunannya doksiklin dan minosiklin dalam bentuk tablet atau kapsul. Obat-obat ini juga menghambat enzim lipase dari kuman Propionibacterium acnes. Juga dapat digunakan lotion klindamisin atau eritromisin.

Hormon kelamin wanita estrogen dan progesteron

Hormon kelamin wanita estrogen dan progesteron berkhasiat melawan dan menghambat efek buruk dari testosteron terhadap KT sehingga mengurangi produksi talg. Kedua hormon terdapat dalam kebanyakan dalam pil antihamil (obat kontrasepsi) yang menghindari pelepasan dari telur masak (ovulasi) setiap bulannya sehingga tidak dapat terjadi pembuahan dan kehamilan.

Wanita yang menderita acne hebat dan ingin melakukan keluarga berencana, dapat minum suatu pil antihamil khusus. Dalam keadaan parah dokter dapat memberikan pil anti hamil Diane yang mengandung suatu progestagen khusus (cyproteron).

Asam vitamin A (tretinoin)

Asam vitamin A (tretinoin) dicadangkan untuk acne parah dengan banyak komedo dan sedikit peradangan. Dokter dapat memberikan lotion atau krem dengan tretinoin, yang pada umumnya efektif untuk mengurangi jumlah komedo. Untuk sejenis acne tertentu yang sangat hebat dan bandel, tersedia suatu turunan zat lain, yakni isotretinoin. Kedua obat ini harus diwaspadai, terutama oleh wanita hamil karena dapat mengganggu pertumbuhan janin. Oleh sebab itu pada wanita dalam masa subur penggunaannya selalu disertai dengan tindakan pencegahan kehamilan

Loading...