Jenis Kebutuhan Keluarga

http://kesehatankeluarga.netKebutuhan keluarga dapat dibedakan beberapa jenis:

Kebutuhan material atau jasmaniah

Kebutuhan material atau jasmaniah terdiri atas dua komponen.

Loading...

a. Kebutuhan pokok atau kebutuhan minimal dan

b. Kebutuhan lainnya

Kebutuhan pokok merupakan kebutuhan metarial yang paling tidak harus tersedia agar keluarga dapat melaksanakan kehidupan yang dianggap wajar.

Termasuk kedalam kebutuhan pokok ini ialah pangan, sandang, papan serta kesehatan; sandang ialah pakaian dan papan ialah perumahan tempat berteduh dan berisitirahat.

Masa sekarang ini seringkali kebutuhan pokok atau kebutuhan primer ini saja sulit atau tidak pernah tercapai. Seharusnya keempat kebutuhan pokok tersebut dicapai sekaligus, tetapi bila hal ini tak mungkin, maka urutan urgensinya ialah makanan, kemudian makanan dan kesehatan, sedangkan perumahan merupakan kebutuhan yang paling dianggap tidak urgen.

Banyak keluarga yang tidak mempunyai perumahan sendiri, tetapi ikut dengan orang tua atau mengontrak rumahnya, bahkan ada keluarga di kota yang sama sekali tidak mempunyai perumahan untuk berteduh dan beristirahat.

Pakaian dianggap kebutuhan urgen lain, yang berfungsi pertama-tama melindungi tubuh dari pengaruh alam lingkungan yang merugikan.

Fungsi berikutnya barulah untuk penampilan dan apa yang disebut status atau gengsi. Bila kita bertemu orang yang belum dikenal, maka penilaian pertama berdasarkan pakaian dan penampilannya.

Kesehatan sering tidak begitu diperhatikan oleh keluarga tingkat ekonomi rendah dan yang kurang pendidikannya. Dengan semakin meningkatnya pendidikan masyarakat umumnya, kesadaran akan nilai kesehatan menjadi semakin meningkat.

Pemerintah membantu pemeliharaan kesehatan ini dengan meningkatkan sarana kesehatan yang ditempatkan mendekati masyarakat yang membutuhkannya.

Sarana kesehatan yang tersedia sekarang bertahap-tahap, mulai dari pos kesehatan, POSYANDU, PUSKESMAS, berbagai kelas rumah sakit, mulai dari rumah sakit kelas D, C, B dan yang tertinggi kelas A.

Deretan kelas rumah sakit ini merupakan system rujukan; yang lebih tinggi akan menerima rujukan pemeliharaan penderita yang tidak sanggup dilayani oleh rumah sakit yang tingkatnya lebih rendah.

Disamping system rumah sakit pemerintah, terdapat pula rumah sakit swasta dan fasilitas tenaga medis dan kesehatan lainnya sebagai usaha perorangan atau kelompok swasta.

Di Indonesia, penyediaan perumahan juga dibantu oleh pemerintah, dengan mengadakan upaya pembangunan Perumahan Rakyat Nasional (PERUMNAS).

Pemerintah menyediakan fasilitas membangun rumah yang kemudian dijual kepada karyawan dan kelompok masyarakat lainnya secara menyicil. Juga usaha swasta untuk membangun dan menjual perumahan kepada masyarakat  mendapat bantuan fasilitas kredit dari pemerintah melalui bank.

Loading...