Jenis dan Cara Bermain Bersama Bayi

By Najwa Mahesanti Categories: Anak

Bermain Bersama BayiBermain Bersama Bayi

Salah satu cara untuk bersenang-senang dengan bayi anda adalah dengan membuat jadwal bermain setiap harinya. Anda dapt menemukan buku-buku tentang hal-hal yang dapt anda lakukan bersama bayi anda diperpustakaan kota dan toko buku. Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan bersama bayi anda :

Bermain “ Bangun dan Duduk “

Baringkan bayi anda dalam posisi terlentang diatas selimut atau karpet, dan genggam kedua tangannya. Secara perlahan tarik bayi anda hingga dia mencapi posisi duduk. Untuk menyemangatinya, anda dapat mengucapkan kata-kata seperti ini “ ayo bangun “.

Pada mulanya mungkin anda yang lebih banyak bergerak. Tapi lama-kelamaan sang bayi akan berinisiatif dan mulai bekerja keras untuk membuat dirinya sendiri bangun dan duduk.

Bermain “ Terlentang dan Telungkup “

Baringkan bayi anda dengan posisi telentang diatas selimut dan duduklah dibelakang kepalanya sembari memegang mainan. Mainan yang dapat berbunyi sangat efektif digunakan pada permainan ini. Pegang mainan ini pada posisi dimana bayi anda dapat melihatnya. Perlahan-lahan gerakkan mainan tersebut hingga hingga bayi harus menggerakkan kepalanya agar tetap dapat mainan tersebut.

Bantu bayi anda ketika ia mulai melengkungkan punggungnya dan bersiap-siap untuk berbalik. Bila ketika akan berbalik kakinya belum dapat mengikuti gerakan bahunya, doronglah pantatnya dengan lembut untuk membantunya berbalik. Bila bayi anda tidak memberikan respon terhadap mainan ini, simpan dulu untuk beberapa saat dan cobalah dilain waktu.

Setelah bayi anda menguasai permainan ini, anda dapat mulai mengajarinya merangkak.

Perhatian :

Jauhkan kantong plastik dari jangkauan bayi anda, dan jangan gunakan plastik sebagai alat matras, karena plastik dapat membuat bayi anda kesulitan untuk bernapas.