Fungsi dan Kegunaan Salep Ultrasiline untuk Bisul

By Annas Pavecious Categories: Obat-Obatan

fungsi-dan-kegunaan-salep-ultrasiline-untuk-bisulBisul adalah infeksi kulit yang dimulai dalam folikel rambut atau kelenjar minyak. Pada awalnya, kulit menjadi merah di daerah yang terinfeksi, menyebabkan adanya benjolan. Setelah empat sampai tujuh hari, benjolan tersebut mulai berubah warna kemerahan dan berisi dengan nanah.

Semakin hari, jika bisul tidak segera diatasi maka benjolan tadi akan terus membesar dan akan terasa sakit pada area bisul, akhirnya jika sudah waktunya, maka bisul akan pecah membuat nanah yang ada didalam kulit akan keluar dan ini rasanya sangat sakit untuk sipenderita.

Bersarangnya bisul pada kulit, karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang biasa ditemukan pada kulit dan dalam hidung. Bisul terkadang mudah timbul di lokasi di mana kulit telah rusak oleh cedera kecil atau gigitan serangga, yang memberikan kemudahan bagi bakteri untuk masuk kemudian menginfeksi.

Tanda dan Gejala Bisul

Bisul dapat tumbuh di kulit mana saja, tapi hanya kulit yang berbulu atau berambut. Oleh karena tak pernah dijumpai bisul pada telapak tangan, kaki, bibir, lidah dsb. Namun paling sering bisul tumbuh di ketiak, kepala, leher, wajah, dan paha yang sering berkeringat dan cenderung berisiko terhadap gesekan.

Tanda-tanda kulit terkena bisul dan tahapannya:

  • Benjolan pada kulit biasanya seukuran biji kacang berwarna kemerahan dan terasa sakit/nyeri.
  • Kulit disekitar benjolan menjadi bengkak dan memerah. Bisul semakin hari semakin membesar bisa sampai seukuran telur ayam, terbentuk nanah di dalamnya.
  • Ujung bisul menjadi putih kekuningan (terlihat nanah didalamnya) yang pada akhirnya akan pecah dan nanah akan mengalir keluar.

Gejala bisul lainnya termasuk demam, kelelahan, dan badan pegal-pegal. Pembengkakan bisa terjadi pada jaringan di dekatnya dan kelenjar getah bening yang terlibat, terutama kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan. contoh bisul yang hampir matang

Mengobati bisul sendiri di rumah

Ditujukan untuk bisul kecil atau baru tumbuh, langkah-langkah di bawah ini dapat membantu infeksi sembuh lebih cepat dan mencegah penyebaran:

Kompres hangat. Tempelkan waslap hangat atau kompres ke daerah kulit yang terkena bisul selama 15 menit beberapa kali sehari. Cara ini akan membantu bisul cepat matang, mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan.

Jangan pernah memencet bisul sendiri. karena akan mempermudah penyebaran infeksi.

Mencegah kontaminasi. Cuci tangan dengan bersih setelah mengobati bisul dengan cara diatas. Juga, cuci pakaian, handuk atau kompres yang telah menyentuh bisul, hal ini untuk mencegah bisul timbul lagi, terutama jika Anda sering mengalami bisul yang berulang.

Pengobatan dengan obat ultrasilin. Neo ultrasiline cream adalah obat anti jamur yang digunakan terutama kandidiasis dan pitiriasis versicolor. Neo ultrasiline cream mengandung zat aktif clotrimazole yang termasuk obat anti jamur golongan imidazole.

Indikasi: Sebagai anti fungsi (jamur kulit), anti bakteri lokal antara lain : panu, kadas, kurap, gatal-gatal, kutu air, bisul-bisul dan infeksi kulit yang lain.

Cara mengobati bisul secara medis

  • Secara umum, untuk bisul yang kecil bisa dilakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara kompres seperti di atas. Akan tetapi jika bisul besar atau memenuhi kriteria berikut sebaiknya berobat ke dokter :
  • Bisul pada wajah, dekat mata, atau hidung, dan bisul yang dekat dengan tulang belakang. Memburuk dengan cepat atau sangat menyakitkan
  • Timbul demam
  • Lebih besar dari 2 inci (5 cm)
  • Dengan perawatan sederhana belum sembuh dalam dua minggu
  • Bisul Berulang