Faktor Penyebab dari Kolesterol Tinggi

kesehatankeluarga.netLemak jenuh mencakup semua lemak dan minyak, yang secara kimiawi mengandung asam lemak jenuh. Yang terpenting semua lemak hewan (sapi, babi, ayam, domba, dan kambing), terkecuali minyak ikan-ikan tertentu yang hidup di lautan dingin (ikan yang mengandung asam lemak omega-3 tak jenuh, yaitu herring, mackerel, salem). Begitu pula minyak nabati mengandung banyak asam lemak jenuh tersebut, terutama minyak kelapa dan minyak sawi. Juga mentega dan margarin termasuk Kelompok lemak jenuh ini.

Tes lemari es. Semua lemak dan minyak tersebut dapat mudah dikenali melalui lemari es. Diletakkan pada lemari es pada suhu 50C, asam lemak jenuh membeku, sedangkan minyak “baik” dengan asam lemak tak-jenuh tetap cair atau hanya menjadi lunak.

Kolesterol dalam makanan semula dianggap sangat penting, tetapi sejak beberapa tahun ternyata bahwa efeknya terhadap peningkatan kolesterol dalah hanya ringan dibandingkan dengan efek dari lemak jenuh, hanya 20%. Pengaruh ringan dari pantang makan kolesterol disebabkan bagian terbesar dari kolesterol darah ( 2/3) berasal dari sintesis di hati. Bagaimana cara lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol secara ilmiah belum dapat dijelaskan, kemungkinan lemak jenuh memperbesar penyerapan kembali kolesterol yang dikeluarkan dengan empedu. Berdasarkan pengetahuan ini ahli-ahli gizi kini telah melunakkan nasehatnya mengenai pembatasan makan telur dan makanan lain yang mengandung kolesterol.

Loading...

Faktor keturunan dapat pula memegang peranan pada kolesterol tinggi. Menurunt penelitian satu di antara 500 orang menderita kolesterol tinggi familial ini. Pada penderita gangguang turun temurun ini kadar LDL bisa 2-3 kali lebih tinggi dari normal. Sering kali mereka sudah diserang infark jantung pada usia muda, antara 20-30 tahun. Oleh karena itu mereka mutlak harus diobati secara serius oleh dokter spesialis.

Loading...