Factor Penyebab dari Kelelahan dan Myalgic Encephalomyelitis

http://kesehatankeluarga.netPenyebab keletihan

Sejak puluhan tahun, para penyelidik telah berusaha untuk mencari penyebab fisik yang melatarbelakangi gejala kelelahan kronis. Antara lain diperkirakan penyebabnya adalah suatu penyakit infeksi (misalnya Flu) atau gangguan pada suatu organ (jantung, paru-paru, hati, kelenjar tiroid). Kemungkinan lain adalah penyakit kencing manis, kurang darah (anemia) atau lebih serius lagi MS (multiple sclerosis), AIDS atau Kanker.

Begitu pula akibat pembedahan dengan pembiusan atau setelah menderita penyakit berat, pada umumnya akan timbul kelelahan dan kurang tenaga untuk waktu yang cukup lama, antara 3 sampai 6 bulan. Akhirnya keadaan letih juga dapat disebabkan oleh efek samping dari obat-obat yang sedang diminum, antara lain obat-obat tertentu terhadap tekanan darah tinggi, obat tidur dan malahan obat flu.

Loading...

Penyebab ME.

Gejala umum dari sindrom kelelahan kronis menandai adanya suatu infeksi. Ditemukan bahwa sepertiga dari penderita ME pada awalnya dihinggapi penyakit ciuman (penyakit Pfeiffer atau kissing disease), yang sering kali timbul pada kaum remaja yang penularannya dapat terjadi setelah berciuman. Ciri utamanya adalah antara lain perasaan lelah dan lemah, tetapi tidak terdapat bukti ilmiah untuk dugaan ini. Kini diperkirakan bahwa ME mungkin akibat suatu virus yang tersembunyi dalam simpul limfa (misalnya herpes) dan telah diaktifasi oleh suatu gangguan pada system imun kita.

Factor-faktor lain.

Bila tidak ditemukan sebab-sebab organic, menurut penelitian ada dua factor yang dapat memegang peranan penting.

Factor pertama adalah kurang atau tidak adanya kegiatan fisik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berkurangnya aktifitas fisik, ketahanan tubuh (stamina) juga akan berkurang. Untuk menanggulangi jenis kelelahan demikian dan untuk meningkatkan semangat, dianjurkan untuk berolahraga secara teratur. Misalnya 3 sampai 5 kali seminggu berjalan kaki cepat selama ± setengah jam.

Factor kedua yang sangat penting dan sering kali tidak disadari serta lebih bersifat psikis, adalah perasaan ketidak mampuan dan kejengkelan (frustasi). Misalnya kejenuhan terhadap pekerjaan. Hal ini terjadi bila tidak ada (cukup) tantangan dalam pekerjaan sehari-hari dan kurangnya dorongan (motivasi). Jalan keluar terbaik dari keadaan ini adalah memberi penjelasan dan motivasi yang terarah bagi tugas-tugas yang dihadapi.

Kadang perasaan lelah juga dapat disebabkan oleh rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu perlu diadakan variasi untuk menghalau kejenuhan.

Telah menjadi pendapat umum bahwa keadaan psikis (rohani) dapat mempengaruhi jasmani. Oleh karena itu berfikirlah secara positif, bermotifasi dan membangun kepercayaan diri. Factor-faktor ini penting untuk meningkatkan semangat dan energy seseorang.

Loading...