Dosis Mitoxantron dan Bleomisin

https://kesehatankeluarga.netMitoxantron (Novantrone) adalah derivate doksorubisin yang kurang toksis (1984), tetapi aktivitasya juga lebih ringan. Obat ini terutama digunakan pada kanker mamma yang tersebar dan limfoma non-Hodgkin. Tidak ada resistensi silang dengan adriamisin.

 

Dosis: infuse i.v 12 mg/m2 setiap 3 minggu

 

Bleomisin: Bleocin, Bleomycin

Obat ini adalah campuran dari dua zat yang dihasilkan oleh Streptomuces verticillus (1966). Efektif sekali untuk kanker testis, kombinasi dengan vinblastin dan cisplatin dapat menyembuhkan tuntas sebagian besar dari pasien.

Obat ini juga digunakan pada limfoma Hodgkin dan kanker lain, khususnya didaerah kepala dan leher. Efek sitotoksisnya diduga akibat pembentukan radikal oksigen.

Efek sampingnnya yang paling berat adalah sifat toksisnya bagi paru-paru (pneumotoksis): batuk, radang dan fibrosis (fatal 1%). Oleh karena itu terapi perlu disertai monitoring fungsi paru.

Selain itu sering kali merusak kulit dan mukosa, juga dapat menimbulkan reaksi anafilaktis. Tidak bekerja imunosupresif dan hanya myelotoksis ringan.

Dosis: i.v atau i.m 1x seminggu 5-20 UI/ m2.

BACA:  Cara menggunakan Obat Semprotan Hidung

TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melarutkan kapur barus, benang mukosa positif, pipet kaca di alfamart, cara membuat serbuk gatal, bokeb di bawah umur, cara membius, perbedaan pabanox dan parasol, tanduk kambing menusuk kepala, nama obat yang menggunakan pipet kaca di apotik, antimo campur kopi, insto campur kopi, obat penumbuh daging di apotik, cara membuat obat bius dari antimo dan kopi, cara bikin obat bius cair dengan ctm, efek insto campur kopi