Dettol Antiseptik Sembuhkan Herpes Di Kulit

dettol-antiseptik-sembuhkan-herpes-di-kulitApakah Anda memiliki dettol di rumah? Kami dari kesehatan keluarga disini bukan untuk sponsorin atau iklanin dettol namun kenyataannya cairan ini memiliki multi fungsi yang penting untuk keluarga Anda. Apa saja manfaatnya untuk Anda dan keluarga?

Dettol antiseptik dapat mempercepat penyembuhan luka, lecet, gigitan, dan sengatan, kebidanan, Kamar anak, Kain, serbet, saputangan, Toilet, wastafel, saluran pembuangan, tempat sampah (bukan akrilik), Lantai dan permukaan, Mandi, Ketombe, serta menghilangkan Jerawat dan bisul.

Selain dari yang kami sebutkan diatas, dettol ternyata memiliki fungsi mengobati penyakit herpes. Penyakit kulit yang disebabkan oleh virus yang menyerang saraf tepi, sehingga orang yang menderita penyakit herpes maka akan merasakan sakit yang begitu terasa.

Penyakit herpes ada delapan jenis sesuai dengan penyebabnya, berikut rinciannya:

Human Herpes Virus 1 – Herpes Pada Mulut / bibir (labialis)

Disebut juga sebagai virus herpes simplex 1 (HSV1). Virus ini menyebabkan penyakit herpes simpleks pada mulut atau bibir. HHV1 juga dapat menyebabkan herpes genital (kelamin) yang menular melalui kontak oral-genital, seperti ketika seks oral.

Human Herpes Virus 2 – Herpes Kulit Kelamin (Genital)

Disebut sebagai virus herpes simpleks 2 (HSV2). Virus ini menyebabkan herpes genital, yang merupakan penyakit infeksi menular seksual. Namun, juga bisa menyebabkan penyakit kulit herpes di daerah wajah. Sama seperti HHV1, infeksi HHV2 menular dan menyebar melalui kontak kulit ke kulit.

Human Herpes Virus 3 – Cacar air dan Herpes Zoster

Disebut juga sebagai virus varicella-zoster. Suatu jenis virus herpes yang menyebabkan penyakit kulit yang sering kita temui yaitu cacar air dan herpes zoster (dompo).

Human Herpes Virus 4 – Kissing Disease

Disebut juga sebagai virus Epstein-Barr, yakni penyebab utama infeksi mononucleosis, atau “kissing disease” merupakan infeksi menular dan ditularkan melalui air liur oleh karena itu virus ini dapat menular ketika berciuman.

Human Herpes Virus 5 – Mononucleosis

Disebut juga sebagai cytomegalovirus (CMV). CMV juga merupakan penyebab mononukleosis. Pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, virus bahkan mungkin tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, pada orang dengan sistemm kekebalan tubuh lemah seperti pada HIV/AIDS akan menimbulkan masalah serius.

Human Herpes Virus 6 – Roseola

Roseola menyebabkan penyakit roseola yaitu penyakit virus yang menyebabkan demam tinggi dan ruam kulit pada anak-anak atau bayi dan berbagai penyakit lain yang berhubungan dengan demam pada kelompok usia tersebut.

Human Herpes Virus 7 – Roseola

Virus ini telah diamati dan ternyata terkait erat dengan HHV6. walaupun HHV7 juga berperan menyebabkan roseola, tetapi tidak jelas apa efek klinis lain yang ditimbulkannya.

Human Herpes Virus 8 – Kaposi’s Sarcoma pada HIV/AIDS

Baru-baru ini ditemukan berperan pada tumor yang disebut dengan Sarkoma Kaposi (KS). Tumor ini ditemukan pada penderita AIDS dan sangat jarang pada orang yang tidak terkena AIDS. Sarkoma Kaposi membentuk tumor keunguan pada kulit dan jaringan lain. HHV8 juga dapat menyebabkan kanker lainnya, termasuk limfoma tertentu (kanker kelenjar getah bening) yang berhubungan dengan AIDS.

Lalu bagiamana mengatasi herpes ini? Sebelum itu Anda sebagai penderita sebaiknya konsultasikan pada ahlinya agar dapat diketahui herpes manakah yang Anda alami dari 8 jenis herpes yang kami sebutkan diatas.

Secara garis besarnya jika Anda mengalami herpes sebaiknya perhatikan beberapa tips dibawah ini:

Jangan garuk area herpes

Herpes umumnya rasanya sangat gatal namun jangan pernah untuk menggaruknya apalagi yang masih berbentuk gelembung. Sebab jika digaruk maka gelembungnya nanti akan pecah dan bisa menyebarkan virus herpes ke bagian kulit yang lain.

Jangan menggosok dengan handuk

Sama halnya seperti menggaruk, menggosok luka herpes dengan handuk juga akan menyebabkan gelembung menjadi pecah sehingga virus akan menyebar. Selembut apapun handuk yang digunakan jangan pernah menggosok kulit yang terkena herpes dengan handuk.

Menjaga pola makan

Jika Anda menyikai beberapa jenis makanan namun itu merupakan hal yang tidak boleh dikonsumsi, sebaiknya Anda hindari sampai herpes benar-benar sudah sembuh. Namun sebaiknya tetap perhatikan menu gizi seimbang.

Gunakan dettol antiseptik

Walaupun rasanya sangat menyiksa karena rasa panas namun dettol sangat ampuh mengobati herpes yang ada dikulit Anda. Kurang lebih dari 4 hari jika Anda tekun mengusap dettol dengan kapas maka herpesnya akan kering jadi sembuh.

Itulah sedikit info seputar herpes dan cara mengatasinya dengan cairan dettol semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda serta keluarga…