Daya Tahan Kultural Tubuh Manusia

kesehatankeluarga.netDaya Tahan Kultural

Pada mulanya, perkembangan budaya didasarkan atas usaha untuk mempertahankan diri. Misalnya orang berusaha untuk membuat pakaian untuk melindungi tubuhnya dari pengaruh cuaca yang tidak menguntungkan. Demikian pula halnya dengan usaha membuat rumah, usaha bercocok tanam dan beternak. Kemudian budaya manusia berkembang secara khusus untuk meningkatkan kesehatan. Misalnya, usaha membuat vaksin untuk meningkatkan taraf kekebalan tubuh terhadap kuman yang spesifik seperti vaksin anti TBC, anti Tetanus, anti Typhus-Cholera-Dysenterie, anti Cacar, dan sebagainya. Contoh lain ialah usaha manusia untuk meningkatkan kesehatan dengan memberikan penyuluhan agar perilaku masyarakat menjadi lebih sehat. Demikian pula dengan usaha menungatkan kesehatan gigi, kesehatan gizi, dan lain sebagainya.

Daya tahan tubuh baik natural maupun kultural,kadang-kadang dapat menimbulkan efek yang tidak menguntungkan. Misalnya penderita yang memerlukan transplantasi organ. Akan sangat sulit untuk mendapatkan organ yang cocok bagi tubuhnya,sehingga orang transplan tidak dianggap benda asing dan tidak dihancurkan oleh badan sendiri. Contoh lain adalah pemakaian obat-obatan yang dimaksud untuk mengendalikan infeksi kadang-kadang menimbulkan reaksi tubuh yang berlebih ( hypersensivitas ) sehingga tubuh menderita karenanya.

Loading...

Faktor-faktor yang menimbulkan efek ini sangat banyak; proses interaksi yang terjadi di dalam tubuh dikenal sebagai proses farmakokinetika .faktor-faktor yang ikut menentukan terjadinya efek bila benda asing  itu hidup antara lainadalah kekuatan tubuh,patogenitas,jumlah serta virulensi kuman;dan bila benda asing tersebut merupakan zat kimia maka faktor penentunya adalah banyaknya zat yang dapat diapsorbsi,  luasnya distribusi zat didalam tubuh, perlakuan tubuh terhadap,  banyaknya serta bentuknya yang dapat dikeluarkan dari tubuh, dosis yang diterima tubuh,  toleransi tubuh terhadapnya,  sensivitas tubuh terhadapnya,  dapat/tidaknya zat tersebut berakumulasi di dalam tubuh .

Loading...