Cara Perawatan Pada Kulit Kering

http://kesehatankeluarga.netPerawatannya

Kulit kering pada hakikatnya tidak mudah diatasi karena cairan harus di masukkan dari bagian dalam dari kulit dan tidak dapat mempenetrasi dari luar. Oleh karena itu, krem dengan nama yang muluk-muluk dan harga yang cukup tinggi dalam praktik ternyata sangat mengecewakan.

Kulit kering dengan keluhan gatal-gatal pada lansia dapat ditanggulangi efektif dengan mengolesi kulit secara teratur dengan suatu krem pelembap (‘moisturing crame’). Misalnya lubriderm dan eucerin, atau cream sederhana tanpa merek (krem lanette dari apotik) sama efektifnya dengan krem bermerk yang mahal. Ataupun bila tidak tersedia dan lebih murah lagi adalah menggunakan minyak kembang matahari, minyak jagung, dan sebagainya.

Loading...

Minyak ini setelah digosokkan pada kulit kering berguna untuk menghindari keluarnya lebih banyak lembap. Kulit dirasakan menjadi lebih lentur sehingga psikologis menghasilkan perasaan nyaman.

Sabun.

Untuk mandi sebaiknya digunakan sabun dengan lemak berlebihan(oilum soap, dove) atau sabun bayi dan janganlah digunakan terlampau banyak atau terlalu sering. Untuk bayi dengan kulit kering dianjurkan untuk membubuhkan sedikit minyak kedelai (bathing oil) pada air mandinya untuk membuat kulitnya lemas.

Hidratansia

Ternyata bahwa krem yang mengandung suatu zat yang bersifat menarik air  seperti gliserin, propilenglikol atau urea, berguna untuk mempertahankan cairan dalam lapisan kulit. Krem dengan 10% urea tersedia sebagai obat bebas (soft U derm). Krem ini pada permulaan digosokkan 2-3 kali sehari pada kulit kering, kemudian setelah kulit menjadi lemas dan lentur 1 kali sehari. Jangan digunakan sekitar mata karena bersifat merangsang.

Loading...