Cara Penanganan Nyeri Pinggang Iskias

http://kesehatankeluarga.netNyeri Pinggang Iskias

Pada sakit punggung ini terlibat peradangan dari saraf besar kaki (nervus ischiaticus) yang berlangsung dari punggung bagian bawah melalui pinggul dan bagian belakang tungkai kearah kaki.

Penyebabnya dalam kebanyakan kasus adalah hernia, yaitu penonjolan dari suatu cakram antarruas yang menekan saraf tersebut. Oleh karena itu timbul nyeri mendadak dipunggung bawah, seperti tertusuk-tusuk atau seperti terbakar, yang memancar kebokong dan terus ketungkai, terutama nyeri pada waktu duduk membungkuk dan mengangkat sesuatu, lalu mereda saat berdiri dan berjalan.

Loading...

Pada umumnya rasa nyeri akan hilang dengan sendirinya, terlepas dari parahnya pada permulaan sakit. Untuk kasus ini pun dianjurkan agar penderita sedapat mungkin menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Penanganan sendiri.

Terhadap iskias suatu zat penghalang nyeri dengan daya antiradang yang lebih ampuh adalah mefenamat (ponstan), ibuprofen (Brufen) atau naproksen (Naxen).

Kompres dengan es batu (dibungkus dalam kantong plastic) sangat berguna untuk meringankan peradangan dan rasa nyeri. Disamping itu dokter dapat memberikan suatu obat pelemas otot, seperti diazepam untuk membantu meredakan nyeri.

Dokter dapat pula memberi injeksi dengan obat rema ketotifen (profenid) atau diklofenak (Voltaren) yang umumnya sangat efektif.

Penanganan selanjutnya

Penderita perlu sekali ditangani lebih lanjut oleh dokter spesialis untuk menghilangkan hernianya. Bila tidak, pasien selalu akan menderita rasa nyeri.

Tindakan yang dapat dilakukan adalah pembedahan untuk menghilangkan penonjolan dengan pemotongan lengkung belakang ruas tulang belakang (laminectomia).

Dengan cara ini tekanan atas saraf dan sumsum tulang yang mengakibatkan nyeri dihilangkan. Dapat pula dengan menyuntikkan ke dalam cakram bersangkutan chymopapin yaitu zat yang mirip suatu enzim dari daun papaya untuk melarutkan isi cakram secara kimiawi. Cara lebih canggih lagi adalah isi cakram tersebut diisap keluar.

Loading...