Cara Minum Obat Yang Benar


kesehatankeluarga.netBerapa kali sehari

Lama kerja obat berbeda-beda. Ada yang hanya bekerja beberapa menit, ada pula yang bekerja beberapa hari, bahkan beberapa minggu. Sifat ini terutama bergantung pada kecepatan perombakannya didalam hati dan pengeluarannya oleh ginjal pada suatu dosis tertentu. Jelas bahwa obat yang hanya bekerja selama misalnya 2 jam, perlu dimakan jauh lebih sering dalam sehari dibandingkan dengan obat yang efeknya 12 jam. Penakaran setiap obat berdasarkan lama kerja obat didalam tubuh pada dosis tertentu selalu dicantumkan pada aturan pakainya. Oleh karena itu petunjuk dari pabrik obat yang bersangkutan hendaknya selalu ditaati.

1 kali sehari

Obat yang harus diminum 1 kali sehari pada umumnya harus diminum pada pagi hari bila tidak diberikan petunjuk lain. Tetapi, obat dengan efek samping kurang baik (misalnya membuat pusing dan mengantuk) sebaiknya diminum pada malam hari.


2, 3, 4 kali sehari

Guna mencapai efek merata sepanjang hari, maka penggunaan obat harus dibagi ± sama selama 24 jam, jadi bukan hanya pada siang hari pada saat tidak tidur. Dengan demikian 2 kali atau 3 kali sehari berarti obat harus diminum setiap 12 atau 8 jam. Bila kita tidur 8 jam, maka penakaran 4 kali sehari (berarti setiap 6 jam) sukar diwujudkan. Dalam hal tersebut sebaiknya diminum sebelum dan sesudah tidur serta dua kali lagi dibagi rata sepanjang hari.

Minum dengan cairan

Pada umumnya obat sebaiknya diminum dengan air. Obat padat (tablet, kapsul dan serbuk) perlu diminum dengan minimal setengah gelas air agar dapat larut dalam lambung. Obat cair (sirop, suspense, emulsi) juga sebaiknya “dibilas” dengan cukup air.

Susu atau produknya tidak selalu layak untuk diminum dengan obat karena mengandung kalsium. Khususnya beberapa antibiotika (oksitetrasiklin) terikat oleh kalsium hingga tidak dapat diserap.

Kategori Tips Kesehatan :: Kata Kunci: , , , reaksi pil tuntas, aturan minum minyak ikan, Cara minum garam inggris, cara minum minyak ikan, minum yakult berapa kali sehari0 Komentar

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.