Cara Menyusui dan Mengakhiri Pemberian Susu Pada Bayi

http://kesehatankeluarga.netCara Menyusui

Kuncinya adalah agar bibir bayi anda melekat bukan hanya diputing, tetapi keseluruh areola. Jika tidak, bayi tidak akan merangsang puting susu anda dengan benar dan produksi susu akan terhalang. Anda juga berisiko mengalami puting nyeri dan perih.

Agar bayi anda membuka mulut, usap bibir bayi yang lebih dekat kepada anda untuk merangsang refleks mencari. Remas payudara anda sedemikian rupa sehingga daerah putting sedikit miring ke atas, kemudian masukkan seluruh areola kemulut bayi.

Loading...

Jika ragu, masukkan lebih banyak dari yang anda perkirakan, bayi akan membuat penyesuaian yang diperlukan. Seluruh proses ini tidak terlalu rumit dan perlu diulang sampai anda puas bahwa ia melekat dengan benar. Anda dapat mengetahui apakah ia telah melekat dengan benar jika anda merasa efek hisap pada daerah puting.

Selain itu, mulutnya akan terbuka lebar dengan bibir atas berbalik ke atas, telingga dan rahang bergerak ritmis.

Mengakhiri Pemberian Susu

Untuk melepaskan bayi dari payudara, masukkan jari dengan lembut diantara mulut bayi dan putting. Ini menghentikan isapan ASI yang kuat dan menghindari bayi anda menarik puting susu anda, yang dapat menyebabkan iritasi.

Cara terbaik adalah untuk mengosongkan satu payudara setiap kali menyusui. Bayi anda akan mendapatkan ASI awal yang lebih cair dan memuaskan dahaga, dan diikuti ASI kental yang bergizi setelahnya.

Jika anda mengosongkan satu payudara dan melanjutkan dengan yang lain, pada saat berikutnya mulailah menyusui dengan payudara kedua, yang akan lebih penuh.

Loading...