Cara Menyembuhkan Luka-Luka Kecil Pada Kulit

http://kesehatankeluarga.netLuka-luka kecil

Luka-luka lainnya pada kulit dapat berupa lecet karena terjatuh, luka potong atau tusuk, memar akibat benturan, pukulan, juga bisul. Tindakan penting pertama adalah Mencuci luka secara seksama dengan air dan sabun, bila perlu menggunakan sikat kecil untuk mengeluarkan tanah, kuman-kuman dan kotoran dari luka dan kulit sekitarnya. Sabun berkhasiat menghambat pertumbuhan banyak bakteri. Oleh karena itu, merupakan alat bantu penting pada pemeliharaan kebersihan tangan dan luka-luka.

Luka lecet biasanya hanya merupakan kerusakan pada kulit ari dan bagian atas kulit jagat dimana banyak kapiler telah dirusak yang tampak sebagai perdarahan kecil berbintik-bintik. Luka lecet kebanyakan sangat pedih karena biasanya banyak ujung saraf juga dirusak. Setelah darah dibiarkan mengalir keluar sejenak guna membersihkan diri, luka dibersihkan dengan air dan sabun, lalu secara hati-hati didesinfeksi dengan suatu zat antiseptic.

Loading...

Antiseptika

Dari banyak antiseptika yang tersedia sebagai pilihan pertama dapat digunakan tingtur povidon-iod (betadine, septadine) atau larutan klorheksidin (hibisol, pravlon komb) yang berkhasiat kuat mematikan berbagai jenis kuman. Kedua obat luar ini tersedia sebagai salep dan krem (savlon, komb). Sebaiknya luka ditutup dengan kasa untuk menghindari infeksi.

Luka-luka membutuhkan suasana lembab untuk sembuh dengan baik. Oleh karena itu, sekarang ini untuk lecet-lecet besar digunakan kasa yang memelihara lingkunagan lembab seperti kasa lemak steril.  Pada umumnya luka-luka lecet permukaan akan sembuh tanpa pengobatan dalam beberapa hari dengan membentuk keropeang, yang kemudian melepas dengan sendirinya.

Loading...