Cara Menjaga Kebersihan dan Menyiapkan Botol Susu Bayi

http://kesehatankeluarga.netKebersihan

Kebersihan sangat penting selama beberapa bulan pertama usia bayi. Kebersihan yang kurang terjaga dapat menyebabkan bayi terkena infeksi seperti gastroenteritis, yang memerlukan perawatan dirumah sakit.

Cuci botol dan dot dengan sikat botol khusus, Kemudian, ini penting, bilaslah dibawah air mengalir sebelum mensterilisasinya. Peralatan lain, seperti peralatan makan yang digunakan untuk menakar susu juga harus dicuci, dibilas, dan disterilkan. Sterilisasi harus dilakukan untuk 6 bulan pertama.

Loading...

Sebelum anda membuat susu atau menyusui bayi, cucilah tangan anda. Anda dapat menyimpan susu botol yang baru dibuat sampai 24 jam dalam lemari es, tetapi jangan pernah memanaskan susu yang sudah separuh diminum.

Menyiapkan Botol

Anda akan segera terbiasa menyiapkan botol bayi anda. Anda bisa menyiapkan susu botol untuk persiapan 24 jam kedepan dalam sekali buat, lalu simpan  dilemari es.

Ikuti instruksi dari produsennya dengan tepat untuk membuat campuran susu formula. Jangan mengencerkan atau memadatkan susu formula karena dapat menyebabkan bayi kekurangan atau kelebihan susu.

Jika anda menghangatkan botol di microwave, kocok perlahan agar panas menyebar secara merata. Uji suhu susu dibagian dalam pergelangan tangan anda.

Gunakan air matang yang didinginkan untuk membuat susu atau gunakan air kemasan dengan kandungan mineral yang sangat rendah. Air yang difilter boleh digunakan asalkan diirebus dan didinginkan setelah penyaringan.

Susu formula kurang memuaskan dahaga jika dibandingkan ASI. Jadi, jika anda memberikan susu formula, berikan bayi beberapa teguk air putih atau air kemasan untuk mencegah dehidrasi.

Banyak bayi tidak suka air putih pada awalnya karena rasanya tawar, tetapi tetaplah tawarkan ia beberapa teguk kecil namun sering.

Jauh lebih sehat bagi bayi anda untuk minum air putih dari pada jus, dan terbiasa minum air sejak dini berarti ia akan lebih mau minum air saat semakin besar.

Kadang-kadang bayi alergi pada susu sapi. Sebagai alternative, susu formula berbahan baku kedelai dapat digunakan. Namun, anda tidak boleh menggantinya tanpa saran dari dokter umum atau dokter anak.

Loading...