Cara Mengobati Sendiri Penyakit Eksim

http://kesehatankeluarga.netPenanganan sendiri

Pengobatan sendiri diarahkan pertama-tama pada mengatasi rasa gatal, yang kadang hebat dan sangat menjengkelkan. Bila tidak tersedia obat, maka (untuk sementara) dapat digunakan kompres air dingin (air es) yang tiap jam diganti beberapa kali untuk meringankan gatal. Khususnya pada eksim basah (dengan keluarnya cairan) cara kompres ini layak digunakan. Obat-obat yang banyak digunakan pada pengobatan eksim adalah obat-obat bebas krem lemak netral, salep ter dan antihistaminika.

Krem lemak netral (krem lanette) dapat dibeli bebas diapotik. Sangat penting untuk mengoleskan krem ini pada tempat yang terkena eksim, agar kadar lembab kulit terpelihara dan menghindari pengeringan lebih lanjut dan memburuknya eksim.

Loading...

Salep ter adalah obat lama yang kini masih sering digunakan. Di apotik dapat dibeli bebas salep ter dengan 5-10% ter (Liq.carbon.deterg.), yang sering kali sangat berguna untuk meredakan gejala eksim. Keberatannya adalah baunya yang kurang enak.

Antihistaminika banyak digunakan untuk mengatasi rasa gatal karena kaligata, kulit kering dan sengatan serangga. Zat-zat ini berhasiat melawan efek histamin, yang pada reaksi alergi dilepaskan oleh sel-sel mast kulit dan mukosa. Histamin adalah penyebab utama dari antara lain gatal-gatal dan pembengkakan. Juga pada eksim antihistaminika  sering kali dapat meredakan rasa gatal, tetapi ternyata efek baiknya bertahan hanya untuk sementara waktu. Penggunaannya pada kulit tidak dianjurkan karena sering kali menimbulkan reaksi kepekaan berlebihan.

Dari sekian banyak preparat antihistamin yang tersedia dipasaran, terdapat beberapa krem babas dengan efek baik sebagai anti gatal, yakni prometazin (phenergan) dan tripelennamin (tripel), begitu pula lotion dengan difenhidramin (komb.Caladryl).

Bila eksim tersebar diseluruh tubuh, maka lebih praktis dan efektif untuk minum obat (tablet,kapsul,sirop) yang bekerja melalui darah. Untuk ini tersedia antara lain prometazin (phenergan), feniramin (Avil) dan difenhidramin (Banadryl).

Perhatian

Eksim bandel yang setelah diobati sendiri selama 2 minggu belum juga sembuh, perlu konsultasi dokter.

Loading...