Cara mengobati sendiri Kolesterol Tinggi

http://kesehatankeluarga.netPengobatan Sendiri

Bila pemeriksaan darah di laboratorium menunjukkan kadar kolesterol total lebih tinggi dari kadar normal, maka dapat dicoba untuk menurunkannya dengan perawatan sederhana, tetapi kadar di atas 300 mg% (7,8 mmol/l) harus ditangani oleh dokter. Tindakan pencegahan seperti yang diuraikan di atas harus diperhatikan dengan baik.  Untuk lebih jelasnya atuputran-aturan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: pola hidupa harus diubah dengan cara meningkatkan aktivitas badan agar tidak overweight dan berhenti merokok.

Lihat perincianna dalam Pedoman Makan Sehat.

Loading...

Catatan:

Faktor perhitungan kolesterol: mg%: 38,67 = mmol/l;

Trigeliserida: mg%: 88,57 = mmol/l

Selanjutnya dikenal beberapa “obat” bebas, yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol tinggi, yaitu bawang putih, vitamin C dan lesitin.

Bawang putih  dapat dimakan sebagai tablet (kwai) 3 kali sehari 1-2 tablet, ataupun dapat dimakan dalam keadaan segar bersama nasi atau roti bila baunya tidak menjadi masalah. Keampuhannya menurunkan kolesterol tingi masih disangsikan karena belum banyak penelitian yang dilakukan. Vitamin C dianjurkan 1 kali sehari 300-400 mg sesudah makan, sedangkan lesitin diberikan 3 kali sehari 2 kapsul dari 500 mg. Dengan obat-obat ini kadar kolesterol dapat diturunkan sampai 10-15% dalam waktu 1-2 bulan.

Loading...