Cara Mengobati Sendiri dan Obat Dokter Untuk Tukak Lambung

Pengobatan sendirihttp://kesehatankeluarga.net

Selanjutnya dapat dicoba dengan zat-zat yang mengikat asam lambung, yakni penetralisasi asam.

Obat-obat ini hanya dapat menghilangkan gejala tukak (rasa nyeri dan lain-lain) untuk beberapa saat, tetapi tidak berdaya menyembuhkannya.

Loading...

Obat penetralisasi asam (antasadium) berkhasiat menetralisasi secara kimiawi asam klorida yang terdapat dalam jumlah berlebihan di lambung.

Pilihan pertama adalah senyawa aluminium dan magnesiu, yang tidak diserap oleh usus. Karena senyawa aluminium (dan kalsium) bersifat sembelit, maka biasa dikombinasi senyawa magnesium yang justru bersifat mencahar.

Kombinasi demikian sangat ampuh dan banyak jenisnya yang dapat dibeli dengan bebas. Tersedia juga senyawan-kompleks dari kedua logam, misalnya aluminium-magnesium-hidroksida (mangasida) dan hidrotalsit (promag).

Obat – obat resep.

Dokter biasanya melanjutkan pengobatan dengan obat yang menghambat produksi asam lambung antara lain simetidin dan ranitidine atau penghambat asam lainnya yang berkhasiat lebih kuat dengan cara kerja berlainan, antara lain omeprazol.

Dapat pula dengan zat-zat pelindung yang membentuk suatu lapisan pelindung diatas selaput lendir sehingga tukak tidak bersentuhan lagi dengan getah lambung, yakni sukralfat (G) dan bismutsubsitrat (De-nol,W) yang juga berhasiat antikuman.

Dengan obat-obat ini kebanyakan tukak lambung sembuh dalam waktu 4 sampai 8 minggu, sedangkan tukak usus biasanya lebih cepat beberapa minggu.

Pengobatan harus dilanjutkan selama 1 tahun untuk menghindarkan kambuhnya tukak. Banyak digunakan adalah kombinasi yang ampuh dari garam-bismut ini dengan omerprazol dan suatu antibiotic (amoksisilin, tetrasiklin) dalam dosis tinggi selama 1-2 minggu.

Berhubung seriusnya penyakit ini, maka bila diduga adanya tukak lambung/usus hendaknya segera konsultasi dokter untuk mendapatkan pengobatan khusus dengan kombinasi obat antibiotic.

Loading...