Cara Mengobati Penyakit Akibat Infeksi Jamur

http://kesehatankeluarga.netKuku kapur agak sukar pengobatannya karena jamur bersembunyi didalam pangkal kuku jari kaki. Dengan menghancurnya keratin , kuku hilang strukturnya dan menjadi regas. Pengobatan dua kali sehari dengan tingtur mikonazol perlu dilanjutkan untuk waktu yang lama, kadang-kadang sampai 6-12 bulan atau lebih. Juga mengolesi kuku setiap hari dengan povidon-iod sering kali efektif.

Infeksi Candida diselaput lendir mulut (sariawan) sukar diobati sendiri. Dapat di coba dengan povidon-iod (Betadin) sebagai obat kumur untuk mematikan ragi. Rasa nyeri dapat diobati dengan zat pemati rasa lidokain (Osagi). Bila iod tidak berhasil, dokter dapat memberikan suatu antibiotik dengan daya kerja fungistatik, misalnya sebagai suspensi nistatin (Mycostatin) atau mikonazol dalam bentuk gel (Daktarin Oral Gel).

Keputihan akibat infeksi Candida di vagina sebaiknya jangan diobati sendiri karena dapat terkecoh dengan infeksi mikro-organisme lain yang gejala-gejalanya sangat mirip, yaitu Trichomonas. Setelah adanya diagnosis yang tepat, dapat dicoba pengobatan sendiri dengan povidon-iod (Betadin) dalam bentuk jel (dengan aplikator) atau bilasan (douche) 1-2 kali sehari selama 2 minggu. Untuk kasus-kasus yang lebih serius tersedia krem mikonazol (Gyno-Daktarin) dengan aplikator, yang harus digunakan 1 kali sehari. Pengobatan hendaknya dilanjutkan sampai 14 hari, walaupun gatal-gatal dan keputihan sudah hilang setelah 3-5 hari.

Loading...

Loading...