Cara Mengobati Nyeri Kejang atau Kolik Pada Bayi

http://kesehatankeluarga.netKejang usus kerap kali terjadi pada bayi, dengan gejala perutnya tegang dan lututnya dinaikkan keatas. Kejang-kejang ini dapat timbul karena pertumbuhan saluran cernanya belum sempurna,  atau karena adanya gelembung-gelembung gas disaluran pencernaannya.

Seringkali kejang-kejang dapat dihilangkan dengan menggosok perutnya dengan minyak adas atau minyak kayu putih.

Penyebab lain dari kejang adalah makanan, yaitu bila bayi peka berlebihan terhadap protein dari susu sapi. Ibu yang menyusui sebaiknya jangan minum susu sapid an bayi diganti minnum susu kedelai.

Loading...

Kolik adalah nyeri kejang yang hebat sekali dan dapat disebabkan oleh pengerutan kontinu dari otot-otot atau organ. Misalnya pada serangan batu empedu, saluran dan kandung empedu berkejang akibat batu empedu yang terjepit.

Cirinya adalah nyeri hebat di bawah tulang dada dan / atau di bawah tulang rusuk kanan, biasanya juga disertai demam, mual, dan muntah.

Begitu pula pada serangan batu ginjal dirasakan nyeri kejang yang amat hebat, dibagian punggung bawah, yang memancar ke lipatan paha dan alat kelamin.

Nyeri dan kejang disebabkan oleh batu ginjal yang terjepit dalam saluran antara ginjal dan kandung kemih. Selain disertai mual dan muntah, berkeringat dan menggigil, kadang kala terdapat darah dalam kemih.

Pengobatan.

Untuk meringankan kolik demikian dapat dicoba dosis ganda dari parasetamol atau asetosal, tetapi obat anti radang mefenamat umumnya lebih ampuh.

Juga penerapan panas setempat sangat berguna karena kalor mengendurkan otot-otot yang kejang. Untuk cara ini dapat digunakan suatu kantong karet yang diisi air panas sebagai kompres.

Dalam keadaan darurat sehelai kain yang telah direndam dalam air panas dan dimasukkan dalam kantong plastic dapat pula digunakan.

Loading...