Cara Mengobati Dan Merawat Sendiri Luka Bakar

http://kesehatankeluarga.netPenanganan dari semua luka bakar selalu dimulai dengan tindakan utama yang sangat penting, yaitu segera mendinginkan bagian tubuh yang terbakar setelah melepaskan semua perhiasan (cincin, gelang, dan sebagainya). Bagian tubuh ini supaya diletakkan di bawah air mengalir (kran air) atau lebih baik lagi di suatu wadah dengan air agak hangat, untuk minimal 10 menit atau sampai nyeri hampir hilang. Jangan menggunakan es batu karena dapat merusak jaringan lebih lanjut!. Bila luka bakar terdapat diseluruh tubuh, sebaiknya berdiri dibawah pancuran air  (douce). Maksudnya ialah untuk mengeluarkan kalor dari bagian-bagian dalam dari kulit sehingga tidak turut terluka. Tanpa pendinginan, suhu didalam luka setelah 10 menit ternyata masih agak tinggi (50-600C) dan pemusnahan sel-sel pada permukaan dapat menjalar lebih dalam.

Luka Bakar stadium 1

Dengan lepuh dibiarkan utuh tanpa kasa selama 24 jam dan jangan menggunakan salep atau krem karena resiko infeksi dapat meningkat.

Loading...

Luka Bakar stadium 2

Lepuh-lepuh dapat dipecahkan dengan tusukan jarum yang telah dipanaskan (disterilisasi) dengan api, dan dibersihkan dibawah air mengalir. Kemudian sebaiknya diolesi salep antiseptic (betadin) dan ditutup dengan kasa steril, atau sehelai kain bersih yang telah disetrika. Luka-luka ini pada umumnya sembuh tanpa meninggalkan parut, tatapi untuk stadium ini sebaiknya berobat ke dokter karena khawatir timbulnya infeksi.

Luka Bakar stadium 3

Mengancam nyawa, hingga harus segera dibawa ke rumah sakit. Berhubung adanya resiko akan adanya infeksi dengan basil tetanus, sering kali dokter menyuntikkan vaksin tetanus pada penderita luka bakar stadium 2 dan 3.

Cara pengobatan rakyat

Cara pertama

 Yang banyak digunakan di India dengan sukses adalah menutup luka bakar (derajat ke-1) dengan kulit kentang yang direbus. Menurut laporan, luka akan segera sembuh berkat zat-zat tertentu yang terkandung dibawah kulit kentang. Cara ini sangat disangsikan oleh para dokter, tetapi dalam keadaan darurat dapat dicoba sebagai tindakan awal.

Cara kedua

2-3 hari setelah luka bakar dapat digunakan getah tumbuhan lidah buaya pada bekas cedera untuk menghilangkan rasa nyeri.

Perhatian!

Penderita perlu konsultasi dokter pada luka bakar yang luas, lebih dari ± 15 x 15 cm, atau bila luka bakar terdapat dimuka, jari-jari tangan dan kaki serta alat kelamin. Juga bila luka bakar diakibatkan oleh zat kimia atau arus listrik.

Loading...