Cara Menghindari Infeksi Jamur

kesehatankeluarga.netUntuk mencegah penularan dengan spora jamur, perlu dihindari semua kemungkinan yang mempermudah infeksi. Yang terpenting adalah menaati aturan kebersihan dengan baik, terutama dikamar mandi, kolam renang, dan ruang olah raga.

Di samping itu perlu pula diperhatikan hal-hal sebagai berikut

1. Mandi.

Loading...

Janganlah menggunakan terlampau banyak sabun dan sisanya supaya dibilas dengan seksama. Sabun bereaksi alkalis dan dapat merusak lapisan pelindung, hingga daya tangkis kulit menurun dan mudah terinfeksi. Setelah mandi hendaknya seluruh tubuh dikeringkan dengan baik, terutama lipatan-lipatan kulit, di antara jari-jari kaki dan juga liang telinga. Bila mandi ditempat umum, misalnya setelah olahraga atau berenang, sebaiknya mengenakan alas kaki dan juga janganlah menggunakan handuk atau sisir yang dipakai oleh umum.

2.  Kaki.

Pada umumnya sebaiknya jangan berjalan tanpa alas kaki, tetapi mengenakan sepatu atau sendal terbuka.

3. Hewan peliharaan.

Janganlah lupa bahwa anjing, kucing, kelinci, dan sebagainya dapat merupakan sumber infeksi jamur bagi manusia, terutama bagi anak-anak yang sering kali bersentuhan secara akrab dengan binatang kesayangannya.

4. Pengaruh obat-obat tertentu.

Selama menjalani pengobatan dengan antibiotika berspektrum luas, kuman-kuman, baik dari flora usus turut dimusnahkan. Akibatnya adalah keseimbangan biologis dalam usus rusak sehingga superinfeksi dengan Candida mudah terjadi. Hal yang sama dapat terjadi sewaktu menggunakan hormon-hormon kelamin, khususnya pil antihamil. Wanita yang menggunakan pil terseut tidak jarang terinfeksi Candida di Vagina dengan gejala keputihan.

Begitu pula dengan penggunaan hormon kortikosteroida, di samping efek-efek buruk lain, mengurangi daya tangkis tubuh dan kulit terhadap infeksi mikro organisme. Oleh karena itu pengguna obat semprot yang mengandung zat korteskoteroid-inhalasi (misalnya Beconase, Pulmicort), dianjurkan untuk setiap kali berkumur setelah menggunakan oat semprot terhadap asma ini.

Pengguna obat-obat tersebut diatas hendaknya waspada terhadap timbulnya infeksi jamur. Bila suspek terinfeksi, agar segera memberitahukannya pada dokter.

Loading...