Cara Mengganti dan Membersihkan Popok Bayi

http://kesehatankeluarga.netMengganti popok

Rumah sakit atau bidan anda akan menunjukkan cara untuk mengganti popok bayi. Terserah anda untuk memilih popok yang akan digunakan.

Beberapa keluarga lebih memilih untuk menggunakan popok sekali pakai, sedangkan yang lain lebih suka menggunakan popok kain.

Loading...

Yang mana pun yang anda pilih, kebersihannya yang paling penting. Cucilah selalu tangan anda sebelum dan setelah mengganti popok.

Membersihkan Area popok

Gunakan kapas dan air putih yang didinginkan untuk membersihkan area popok bayi selama beberapa minggu pertama dan untuk selama mungkin setelahnya.

Kulit bayi anda sangat sensitive sehingga tisu hipoalergenik yang paling ringan pun mungkin membuatnya iritasi (jika anda menggunakan popok kain, pastikan popok sudah dibilas dengan seksama dari sisa detergen sebelum dikeringkan karena residu detergen juga dapat membuat kulit lembut bayi iritasi). Simpan tisu saat anda bepergian, atau gunakan krim berbahan dasar air dan kapas, yang kurang mengiritasi dari tisu.

Beberapa orang menyarankan menggunakan krim pelindung setelah usai mengganti popok, sedangkan yang lain tak menggunakan apapun dan lebih suka membiarkan kulit bayi bernafas sebanyak mungkin.

Apapun yang anda putuskan, anda harus mengganti popok bayi setiap ia usai makan serta sebelum dan setelah ia tidur. Semakin sedikit ia mengenakan popok kotor atau basah, semakin sedikit risikonya menderita ruam popok, anda harus segera mengobatinya, jika tidak, akan terjadi infeksi.

Loading...