Cara Mencegah dan Mengobati Nyeri Haid

http://kesehatankeluarga.netHampir setengahnya dari semua wanita menderita nyeri perut beberapa hari sebelumnya atau selama haid. Gejalanya dari ringan sampai kejang-kejang dibagian bawah perut, bagian atas paha dan punggung.

Kebanyakan rasa nyeri timbul paling hebat pada awal masa haid dan dapat disertai perasaan mual, nyeri kepala dan payudara, gelisah dan mudah tersinggung.

Keluhan-keluhan ini terkenal sebagai PMS (premenstrual Syndrome) dan dapat diatasi oleh suatu obat antinyeri, parasetamol atau mefenamat.

Loading...

Pencegahan.

Guna menghindari keluhan-keluhan ini secara alternative dapat diminum sebagai food supplemen kapsul GLA (gama linolenic acid),suatu asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak borage, tanaman yang hidup di iklim dingin.

Diminum 2 hari sebelum sampai 2 hari sesudahnya haid GLA dapat mengatasi atau sangat meringankan gejala PMS. Dosisnya: 1-2 kali sehari 250 mg GLA selama 3-4 hari sekitar permulaan haid.

Perawatan sendiri.

Kerap kali minum satu gelas susu panas dengan sedikit minyak adas dapat meringankan kejang dan rasa nyeri. Begitu pula mandi duduk dalam air panas atau mengompres perut dengan kantong air panas dapat menolong.

Lebih efektif adalah mengobati kejang demikian dengan asam mefenamat atau ibuprofen yang pada dosis cukup tinggi dapat mengatasi keluhan dengan ampuh. Mefenamat perlu diminum 2-3 kali sehari 500 mg, sedangkan ibuprofen 2-3 kali sehari 400 mg.

Juga asetosal 3-4 kali 1 g sehari sama ampuhnya, tetapi efek samping dari dosis tinggi berpotensi merangsang lambung.

Loading...