Cara Kerja Payudara dan Menyusui untuk Pertama Kalinya

http://kesehatankeluarga.netCara Kerja Payudara

Payudara memiliki sekitar 20 lobus yang menyerupai tandan buah anggur. Masing-masing lobus dikuras dengan duktus (saluran susu) yang mengarah keputing.

Ketika bayi anda mengisap pada putting susu anda (termasuk daerah sekitar puting yang disebut areola), kelenjar pituitary diotak anda dirangsang dengan dua cara:

Loading...

Pertama: menghasilkan hormone prolaktin, yang kemudian merangsang produksi susu.

Kedua: melepaskan hormone oksitosin, yang menyebabkan setiap alveoli pembentuk lobus berkontraksi dan mengirimkan susu melalui duktus keputing susu.

Kontraksi alveoli ini, yang disebut refleks mengeluarkan, dapat terjadi tidak hanya karena stimulasi mengisap bayi anda, tetapi bahkan hanya karena mendengar ia , atau bahkan bayi lain menangis.

Menyusui pertama kali

Ketika bayi anda baru lahir, payudara akan menghasilkan substansi yang disebut kolostrum, bukan susu. Sekresi bening ini berisi konsentrat padat dari semua nutrisi penting dan antibody yang dibutuhkan bayi dalam beberapa hari pertama segera setelah kelahirannya.

Anda hanya akan menghasilkan 10-20 ml (2-4 sendok teh) kolostrum perhari. Kolostrum bersama-sama dengan sumber daya yang ia bawa sendiri saat lahir akan memastikan ia kenyang sampai produksi susu anda lancar, umumnya antara hari ketiga dan kelima.

Letakkan bayi ke payudara anda secepat mungkin setelah melahirkan. Bahkan usaha yang singkat untuk menyusui ini akan membantu merangsang produksi susu dan memberikan bayi anda kesempatan untuk belajar cara mengisap dengan benar atau “melekat”. Semakin banyak latihan yang ia lakukan sebelum ASI anda lancar, semakin baik.

Loading...