Bawang Putih sebagai Obat Khusus Untuk Kolesterol

http://kesehatankeluarga.netBawang putih  berasal dari sekitar pegunungan Himalaya dan kemudian tersebut ke negara Nepal dan Cina, dimana tumbuhan ini terkenal sebagai obat ampuh untuk gangguan saluran pencernaan. Bawang putih mengandung suatu asam asam dengan belerang,  yakni alliin, yang pada waktu dipotong, diperas atau dikunyah, diubah oleh enzim (allinase) menjadi allicin. Zat ini mudah menguap dan emlalui napas memberikan bau bawang putih yang khas. Untuk menghilangkan baunya mengunyah daun seledri dikatakan sangat efektif. Bawang putih juga mengandung elemen spura penting dalam jumlah yang agak tinggi, antara lain selenium dan garmanium yang berkhasiat antioksidan.

Khasiatnya. Bawang putih selain berdaya menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah yang tinggi dengan menurunkan LDL, dapat pula meningkatkan HDL. Juga  menurunkan tekanan darah tinggi  berdasarkan pembuluh (vasodilatas) dan  menghambat penggumpalan darah. Berdasarkan ketiga sifat ini bawang putih berguna sebagai obat pencegah PJP.

Khasiat lain bawang putih, yaitu memiliki  daya antibakteri dan antivirus, juga memperbaiki peredaran darah  serta menstimulasi sistem imun dengan cara mengaktifasi lekosit-lekosit tertentu, hingga tubuh tidak mudak lelah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Loading...

Efek samping yang dapat terjadi bila memakan terlampau banyak adalah keluhan lambung, mual dan muntah.

Dosis: 3 kali sehari 2 tablet ekstrak pekat atau 700-800 mg bawang segar.

Loading...