Bagaimana Resep Obat Dokter Untuk Mengobati Eksim

http://kesehatankeluarga.netPengobatan oleh dokter

Bila antihistaminika kurang memberikan efek, dokter dapat meresepkan obat keras, hormon anak-ginjal hidrokortison, yang selain melawan peradangan, juga berdaya anti gatal kuat. Yang banyak digunakan adalah antara lain hidrokortison (Lacoid) dan turunan sintetiknya triamsinolon (Kenacort) dan Fluokortolon (Ultralan).

Hidrokortison adalah hormon anak-ginjal alami. Kortikoida ini sangat ampuh meredakan reaksi imun dan meringankan rasa gatal eksim, tetapi sayang sekali hanya untuk sementara saja. Setelah beberapa waktu eksim akan kambuh lagi secara mendadak. Pilihan pertama adalah hidrokortison asetat 1% karena zat ini walaupun daya kerjanya lebih lambat, namun kambuhnya gejala juga tidak begitu cepat dibanding dengan obat-obat lainnya dengan khasiat yang 10-20 kali lebih kuat! Lagipula hidrokortison sebagai hormon tubuh sendiri adalah paling aman.

Loading...

Cara menggunakannya adalah mengoleskan krem/ salep hidrokortison setipis mungkin pada lokasi eksim. Untuk memperkuat efeknya dapat ditutup dengan sehelai plastik tipis. Bila setelah 5 hari belum menghasilkan efek, dapat dicoba jenis-jenis yang lebih kuat, antara lain hidrokortison butirat 0,1% (Locoid) atau triamsinolon 0,1% dan bila perlu juga dengan penutupan plastik. Biasanya eksim ringan mereda dan sembuh dalam waktu 5-10 hari.

Obat-obat lainnya, khususnya diflukortolon, paling kuat khasiatnya dan hendaknya digunakan sebagai cadangan untuk kasus-kasus yang lebih barat. Setelah 5 hari (2 kali sehari) penggunaan krem dengan kortikoid ini harus dibatasi sampai 2 kali seminggu karena sibawah kulit ari sudah tertimbun cukup obat untuk bekerja selama 2-3 hari berikutnya. Pengobatan diselingi dengan suatu krem netral, misalnya krem lanette, yang setelah 3 hari diganti lagi dengan krem obat. Begitu pula bila eksim sudah hilang, pengobatan harus diteruskan beberapa waktu lagi dengan krem lemak netral.

Efek sampingnya dapat berupa kisutnya kulit ari dan kulit jangat, yang menjadi tipis seperti kertas dan bila terbentur sedikit saja sudah menimbulkan bercak biru dan lecet. Kulit yang menipis juga tampak sebagai garis-garis(striae).

 Perhatian

Untuk menghindari efek-efek samping serius tersebut, krem kortikoida sebaiknya hanya digunakan bila betul-betul diperlukan, untuk waktu yang singkat dan dioleskan secara tipis.

Loading...