Bagaimana Proses Pembentukan Sendi Pada Manusia

bagaimana-proses-pembentukan-sendi-pada-manusiaManusia bisa melakukan aktivitas sehari hari karena adanya kerangka yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain baik secara kontinue maupun diskontinue membentuk persendian.

Jadi persendian (articulatio) adalah hubungan antara dua atau lebih tulang tanpa mengingat sifat hubungan tersebut dapat atau tidak dapat bergerak secara langsung atau tidak langsung. Lalu bagaimaan proses terbentuknya persendian pada manusia? Berikut penjelasannya.

Awalnya kartilago (tulang rawan atau jaringan ikat padat yang agak kenyal dan elastis) didaerah sendi membengkak, kedua ujungnya akan diliputi oleh jaringan pengikat, jaringan serabut, tetap menjaga agar kedua ujung kartilago tersebut tidak tercerai. Sesudah kedua kartilago terisi sel-sel tulang maka keduannya diselaputi membran sinovial (selaput sendi) yang giat menghasilkan minyak sinovial sebagai pelumas.

Loading...

Hubungan antar tulang disebut artikulasi. Untuk dapat bergerak dibutuhkan struktur khusus yang terdapat pada artikulasi, Struktur khusus tersebut dinamakan sendi.terbentuknya sendi dimulai dari kartilago didaerah sendi.

Terbentuknya sendi dimulai dari kartilago didaerah sendi. Mula-mula kartilago akan membesar lalu kedua ujungnya akan diliputi jaringan ikat. Kemudian kedua ujung kartilago akan membentuk sel–sel tulang , keduanya diselaputi oleh selaput sendi (membrane sinoval) yang liat dan menghasilkan minyak pelumas tulang yang disebut sinoval.

Loading...