Bagaimana Manfaat Batuk

http://kesehatankeluarga.netManfaatnya Batuk

Selaput lendir dari saluran nafas bagian atas, seperti hidung, tenggorok dan juga paru-paru dilapisi bulu getar. Dengan gerakan berombak yang pelan-pelan serta terus-menerus, bulu getar ini menyapu lendir ke jurusan mulut, yang kemudian dikeluarkan dengan meludah atau ditelan. Bilamana bulu getar ini tidak berfungsi dengan baik, maka timbullah refleks batuk atau bersin yang mengeluarkan zat-zat asing. Dengan demikian lendir ini berfungsi membersihkan jaringan paru-paru yang halus dan melindunginya terhadap masuknya mikro organisme dan debu. Selain itu lendir juga menghindari mengeringnya selaput lendir dan mengerasnya bulu getar.

Refleks batuk adalah keinginan spontan untuk batuk yang ditimbulkan oleh rangsangan dari selaput lendir pernafasan. Melalui saraf, rangsangan ini diteruskan ke pusat batuk yang terletak diotak. Disini seluruh rangsangan yang masuk dikoordinasikan, kemudian dikirimkan isyarat melalui syaraf-syaraf ke otot-otot tulang rusuk dan perut yang menimbulkan refleks batuk.

Loading...

Pada waktu batuk celah suara menutup dan otot perut ditegangkan, lalu akibat rangsangan celah suara terbuka dan udara yang berada disaluran nafas dikeluarkan secara mendadak dan eksplosif. Dengan demikian lendir yang melekat pada dinding cabang tenggorok dapat dilepaskan dan kemudian dihempas keluar. Pada keadaan normal bulu getar memelihara kebersihan saluran pernafasan dan batuk tidak diperlukan.

Tetapi bila jumlah lendir meningkat, maka daya kerja bulu getar tidak memadai sehingga bantuan batuk diperlukan. Dengan jalan membersihkan saluran nafas, batuk merupakan bagian penting dari system penangkis normal.

Loading...