Bagaimana Fungsi dan Peran Jamur

http://kesehatankeluarga.netBila suatu waktu kita mendengar istilah jamur, pertama-tama terbayang di depan mata kita sejenis makanan yang banyak disukai orang, yaitu sampinyon. Tetapi mungkin kita tidak menyadari, bahwa terdapat makanan lain yang dibuat dengan bantuan jamur berkat kemampuannya untuk mengubah zat-zat organik. Misalnya tempe dan oncom dibuat dari kacang kedelai dan ampas kelapa yang dibiakkan dengan jamur tertentu. Begitu juga pembuatan kecap dan tauco berdasarkan fermentasi dengan jamur-jamur khusus.

Selain itu jamur dikenal sebagai perusak bahan makanan yang menjadi “bulukan” bila disimpan terlalu lama tanpa zat pengawet. Pada proses pembulukan zat-zat organik, seperti karbohidrat, protein atau lemak diubah sehingga pada akhirnya makanan seluruhnya diubah menjadi CO2 dan H2O. Berkat kemampuan ini di alam, jamur berfungsi melenyapkan segala bahan yang mati (sampah) karena itu kadang disebut “pembersih alamiah”.

Jamur juga memegang peran istimewa sebagai produsen dari obat-obat yang sangat penting bagi manusia, yaitu antibiotika. Hampir semua obat anti bakteri yang kini digunakan dalam ilmu kedokteran diperoleh dari pembiakan berbagai jenis jamur. Yang terpenting diantaranya adalah penisilin, tetrasiklin, streptomisin, rifamisin, nistatin, griseofulvin dan amfoterisin. Ketiga obat yang disebut terakhir juga berkhasiat antijamur.

Loading...

Loading...