Apa Penyebab Demam Berdarah

http://kesehatankeluarga.netDENGUE

Demam berdarah merupakan penyakit tropis akut, yang disebabkan oleh virus dengue, yang menurut dewan kesehatan dunia (WHO) setiap tahunnya menimbulkan epidemi dan infeksi pada ±20 juta orang diseluruh dunia. Terutama banyak negara di asia (antara lain singapura, malaysia, vietnam, thailand, filipina, india, dan pakistan), afrika, amerika tengah (antara lain meksiko) dan bahkan dinegara-negara amerika serikat bagian selatan (antara lain texas, arisona, louisiana dan florida) kini sudah dihinggapi epidemi dengue. Di indonesia merajalelanya penyakit ini adalah setiap musim hujan karena meningkatnya jumlah nyamuk.

PENYEBABNYA

Loading...

Dengue (lafal deng-gi; bah. Swahili dinga = kejang mendadak) disebabkan oleh suatu virus-RNA yang termaksud golongan Flavivirus, yang juga mencakup virus demam kuning dan virus hepatitis C. penularannya kepada manusia terjadi oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi oleh virus dengue. Ciri has dari nyamuk ini adalah kakinya yang bergaris hitam-putih sehingga juga dinamakan nyamuk harimau (tiger mosquito).

Cara penularannya mirip dengan malaria, tetapi berbeda dengan nyamuk anopheles, nyamuk ini menyengat terutama pada pagi hari dan menjelang senja. Nyamuk yang telah terinfeksi virus dengue akan tetap membawa virus ini.

Loading...