Apa penyebab dari Gatal-Gatal

http://kesehatankeluarga.netGatal-gatal atau urticaria adalah suatu gangguan kulit yang umum sekali dan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari sampai beberapa minggu. Keluhan ini tidak bisa diatasi dengan hanya mengaruk-garuk dan merupakan suatu gangguan yang sangat menjengkelkan bagi si penderita.

Penyebab gatal-gatal

Dikenal banyak sekali penyebab yang dapat menimbulkan gatal-gatal pada sebagian atau seluruh tubuh. Penyebab utama adalah alergi, yaitu kepekaan berlebihan (hipersensitif) terhadap suatu zat.

Loading...

Alergi makanan paling sering terjadi. Makanan dapat menimbulkan ruam atau bentol-bentol dikulit yang sering kali dinamakan kaligata. Setiap orang tentunya pernah menderita jenis alergi ini setelah misalnya mengkonsumsi makanan laut, seperti kepiting, kerang, udang, dan ikan. Atau keju, kacang-kacangan, arbei, makanan yang mengandung pengawet dan / atau zat pewarna tertentu serta minum-minuman berakohol.

Alergi kontak adalah kepekaan berlebihan terhadap zat yang bersentuhan dengan kulit. Sering kali unsur tersebut adalah kosmetika, logam (nekel dan krom) pada gagang kaca mata, perhiasan dan kulit yang telah disamak dengan senyawa krom (antara lain ban jam tangan) serta pakaian yang dibuat dari wol atau serat sintetik.

Alergi inhalasi adalah sejenis alergi lain, yakni akibat menghirup zat-zat tertentu, seperti tepung sari bunga atau debu rumah.

Loading...