5 Gerak Refleks dan Tanda Lahir Bayi

http://kesehatankeluarga.netTanda lahir

Bayi juga bisa terlahir dengan tanda lahir, yang terdiri dari empat jenis. Stork mark atau tampal salmon adalah bercak kecil merah muda yang biasanya menghilang pada tahun pertama.

Tanda lahir stroberi diawali dengan bintik-bintik merah dan berkembang menjadi area kecil merah yang menonjol dengan bintik-bintik putih. Umumnya menghilang saat usia anak 5 tahun.

Loading...

Port wine stains adalah bercak tidak teratur berwarna merah gelap, biasanya terdapat pada wajah dan tidak pudar dengan berlalunya waktu. Bintik biru Mongolia adalah area berpigmen biru-hitam yang umumnya muncul pada bayi berkulit gelap. Ini memudar pada tahun pertama.

Feses Pertama

Pada 24-48 jam pertama setelah lahir, bayi anda akan mengeluarkan mekonium, campuran empedu dan lendir yang lengket dan berwarna hitam kehijauan.

Setelah ia mulai makan, fesesnya akan berubah. Bayi yang diberi ASI fesesnya lunak, berwarna kuning kehijauan, dan tidak benar-benar bau.

Bayi yang diberi susu formula fesesnya lebih padat, cokelat dan cenderung lebih bau. Kebanyakan bayi buang air besar setelah diberi makan. Anda harus membicarakan segala perubahan feses bayi anda pada bidan atau dokter.

Yang Bisa Dilakukan Bayi Baru Anda

Bayi memiliki refleks tertentu saat lahir, yang perlahan-lahan hilang dalam 3 bulan pertama

  1. Bayi anda mengisap apapun yang diletakkan di mulutnya (refleks mengisap)
  2. Bayi berpaling kearah benda yang bersentuhan dengan pipinya (refleks mencari)
  3. Bayi menggenggam jari yang ditempatkan di tangannya (refleks mengenggam)
  4. Jika dipegang tegak dengan kaki di atas permukaan yang datar, ia membuat gerakan berjalan dengan kaki (refleks berjalan), meskipun akan berbulan-bulan sebelum ia benar-benar bisa berjalan.
  5. Saat terkejut, bayi merentangkan tangan dan kaki lebar-lebar, lalu perlahan-lahan melipatnya dekat ketubuhnya (refleks Moro)

Bayi anda juga berkedip dalam cahaya terang dan bisa focus pada obyek dalam jarak 20-25 cm. Ia cepat mengenali suara dan bau anda.

Loading...